Mengapa Anak Suka Menangis? Apa Hikmah Yang Tersembunyi Dibalik Itu?

Sekarang coba lihat hikmah mengapa anak-anak suka menangis? Manfaat apa yang tersembunyi di balik itu? Para ahli medis dan ahli anatomi tubuh telah menyingkap kegunaan dan hikmah mengapa anak-anak suka menangis. Mereka berkata : Pada otak anak kecil terdapat cairan yang apabila terus mendekam dalam otak mereka, akan menyebabkan kerusakan dan akibat yang buruk. Menangis dapat menyedot cairan dari otak mereka. Dengan begitu, otak mereka akan kuat dan sehat.

Demikian pula menangis dan merengek dapat melegakan saluran pernafasannya dan membuka serta melancarkan saluran keringatnya. Dengan begitu, urat syarafnya menjadi kuat. Sering kali kita lihat manfaat dan maslahat menangis dan menjerit bagi anak kecil. Ternyata demikian agungnya hikmah menangis bagi anak kecil. Biasanya menangis itu penyebabnya adalah rasa sakit yang mengganggu, itu saja engkau tidak tahu hikmahnya dan barangkali tidak pernah terlintas dalam benakmu. Begitulah, rasa sakit yang diderita anak kecil, tangisannya, sebab-sebabnya dan hikmah kegunaannya ternyata masih samar atas kebanyakan manusia. Mereka belum dapat memastikan apa hikmah di balik itu, tiap-tiap orang mengemukakan pendapatnya masing-masing.

(Sumber : Keajaiban-keajaiban Makhluk dalam Pandangan al-Imam Ibnul Qayyim, Pustaka Darul Haq)(alsofwah)

About these ads

Posted on Juni 11, 2008, in Mu'jizat Qur'an & Sunnah and tagged , . Bookmark the permalink. 7 Komentar.

  1. Subhanallah…Dangkal sekali pikiranku, terimakasih infonya sangat sangat bermanfaat sekali. Mulai sekarang jika Pram 3th, menangis langkah awal aku akan mendekapnya, biar reda sendiri tangisnya dipelukku.

  2. Syukron infonya, ana nyesel banget pagi ini marahin anak ku…, maafin abi ya nak..!

  3. Allah Hu Akbar maafkan Bapak, sudah memarahi kalian ampuni Dosaku ya Allah.

  4. Subhanallah…dari hal yang kita anggap sepele Allah menunjukkan kebesaranNya. hanya sebuah tangis namun sarat manfaat.mungkin kalau kita lebih mau menggali hal hal kecil lain, Allah akan terus menunjukkan kekuasaanNya dari hal hal yang kita anggap tak berharga.

  5. masya alloh….sungguh besar keagungan Alloh….

  6. anak kami,autis 4 th dan blm bs bicara.skrg,sy ajarkan utk mengeluarkan suara.biarpun menangis,mdh2an berdmpak bagus buat perkembnganny.cm knp tdk bs kluar air mata ya?dr kecil mmang jarang dan sdkt skli airmata,plg cm berkaca2.ap bs djlskan sbab dan penanggulanganny?trm ksh.

  7. zainal abidin qutbi

    memang luar biasa ya, tapi kalaun anak kita menangis sering kita malu sama tetangga yang ada disekitar kita, ketika anak menagis berarti kita belum mampu memenuhi keinginannya…subhanallah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: