Bagaimana Sikap Terhadap Istri Yang Selingkuh?

Assalamualaikum Ustadz, Ana mau tanya apakah tindakan yang paling tepat sesuai dengan tuntunan Islam jika seorang suami mengetahui istrinya selingkuh dengan laki-laki lain, dan sudah sangat diduga pernah berzina dengan laki-laki itu. Apakah suami tersebut wajib menceraikan istrinya, sementara dia masih menyayangi isterinya dan isterinya juga tidak mau sekali kalau diceraikan. Syukron ya Ustadz. Wassalam

Sukirman Saleh
Jl. Cendana no. 5 Polewali
Kab. Polewali Mandar Sulawesi Barat

Ustadz Kholid menjawab:

Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Kebebasan bergaul yang berkembang dan sudah menjadi adat yang mendarah daging dalam sebagian kaum muslimin adalah satu musibah besar dan berimplikasi sangat buruk. Implikasi buruk ini tidak hanya mengenai sang wanita atau pria saja namun juga berakibat buruk bagi tatanan keluarga dan masyarakat. Karena itulah Islam memberikan batasan pergaulan antara lawan jenis dengan demikian indah dan kuatnya, sehingga kemungkinan muncul perselingkuhan, pacaran dengan cinta monyet serta perzinahan dapat dicegah dan diputus sejak awal. Ditambah lagi dengan hukuman keras bagi pezina baik yang belum pernah menikah maupun yang pernah menikah. Sayang masyarakat enggan menerapkannya sehingga terjadilah peristiwa-peristiwa yang tidak diinginkan seperti ini. Dalam rumah tangga seorang suami haruslah menjadi pemimpin yang menampakkan kebijakan dan kemampuannya mengatur biduk rumah tangga. Perselingkuhan disamping akibat kebebasan pergaulan yang ada dimasyarakat dan diperkenankan sang suami juga terkadang disebabkan karena sikap suami yang tidak mengetahui kebutuhan istri. Penampilan suami ketika menjumpai istri, cara bergaul dan bersikap sampai cara memberikan nafkah batin terkadang dapat memicu hal tersebut. Yang jelas pergaulan wanita dengan lelaki lain secara bebas akan memberikan opini kepada wanita tipe lelaki yang lain lalu bisa jadi ia banding-bandingkan dengan suaminya. Rasa bosan dengan suami dan mulut buaya dan sikap lelaki lain pun tidak kalah berbahayanya. Oleh karena itu Syari’at islam sangat menekankan seorang wanita membatasi pergaulannya dengan lelaki asing (bukan suami dan mahramnya) dan tidak bersinggungan kecuali karena kebutuhan dan sebatas kebutuhannya saja.

Lalu bagaimana sikap suami bila sudah mendapatkan musibah demikian. Orang yang ia cintai ternyata berselingkuh dengan lelaki lain. Maaf sebelumnya, dugaan berzina yang anda sampaikan memiliki hukum sendiri. Syari’at islam sangat menjaga kehormatan wanita dan mengancam penuduh wanita berzina dengan ancaman berat. Lihat saja firman Allah:

وَالَّذِينَ يَرْمُونَ الْمُحْصَنَاتِ ثُمَّ لَمْ يَأْتُوا بِأَرْبَعَةِ شُهَدَآءَ فَاجْلِدُوهُمْ ثَمَانِينَ جَلْدَةً وَلاَتَقْبَلُوا لَهُمْ شَهَادَةً أَبَدًا وَأُوْلَئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ . إِلاَّ الَّذِينَ تَابُوا مِن بَعْدِ ذَلِكَ وَأَصْلَحُوا فَإِنَّ اللهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ . وَالَّذِينَ يَرْمُونَ أَزْوَاجَهُمْ وَلَمْ يَكُن لَّهُمْ شُهَدَآءُ إِلآ أَنفُسُهُمْ فَشَهَادَةُ أَحَدِهِمْ أَرْبَعُ شَهَادَاتٍ بِاللهِ إِنَّهُ لَمِنَ الصَّادِقِينَ . وَالْخَامِسَةُ أَنَّ لَعْنَتَ اللهِ عَلَيْهِ إِن كَانَ مِنَ الْكَاذِبِينَ . وَيَدْرَؤُا عَنْهَا الْعَذَابَ أَن تَشْهَدَ أَرْبَعَ شَهَادَاتٍ بِاللهِ إِنَّهُ لَمِنَ الْكَاذِبِينَ . وَالْخَامِسَةَ أَنَّ غَضَبَ اللهِ عَلَيْهَآ إِن كَانَ مِنَ الصَّادِقِينَ .

Dan orang-orang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik (berbuat zina) dan mereka tidak mendatangkan empat orang-orang saksi, maka deralah mereka (yang menuduh itu) delapan puluh kali dera, dan janganlah kamu terima keksaksian mereka buat selama-lamanya. Dan mereka itulah orang-orang yang fasik. Kecuali orang-orang yang bertaubat sesudah itu dan memperbaiki (dirinya), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan orang-orang yang menuduh isterinya (berzina), padahal mereka tidak ada mempunyai saksi-saksi selain diri mereka sendiri, maka persaksian orang itu ialah empat kali bersumpah dengan nama Allah, sesungguhnya dia adalah termasuk orang-orang yang benar. Dan (sumpah) yang kelima: bahwa la’nat Allah atasnya, jika dia termasuk orang-orang yang berdusta. Isterinya itu dihindarkan dari hukuman oleh sumpahnya empat kali atas nama Allah sesungguhnya suaminya itu benar-benar termasuk orang-orang yang dusta, dan (sumpah) yang kelima: bahwa la’nat Allah atasnya jika suaminya itu termasuk orang-orang yang benar” (QS. An-Nuur/24: 4-9)

Dalam ayat ini Allah membagi penuduh wanita mu’minah berzina dalam dua kategori:

1.    Orang yang menuduh bukan suaminya, maka wajib menghadirkan empat saksi yang melihat langsung kejadiannya atau wanita itu mangakuinya. Apabila terjadi demikian maka wanita itu dihukum dengan hukuman pezina. Namun bila tidak mangakui dan tidak dapat menghadirkkan empat saksi maka penuduh didera (cambuk) delapan puluh kali dan tidak diterima persaksiannya selama-lamanya kecuali bila bertaubat.

2.    Suami wanita tersebut, dalam hal ini sama dengan diatas, hanya saja bila wanita tidak mengakui dan ia tidak mampu menghadirkan saksi ia tidak dikenakan hukuman dera. Akan tetapi ia harus melakukan mula’anah (saling melaknat) seperti dalam ayat diatas.

Kembali ke kasus yang anda ceritakan, bila sang istri terbukti selingkuh -walaupun tidak sampai berzina- maka tindakan yang paling tepat -menurut saya- adalah wajib menceraikannya dan tidak sepantasnya seorang suami mempertahankan istri yang telah mencederai kesetiaannya dengan berbuat serong (dengan maknanya yang luas). Sebab, istri telah melakukan kesalahan yang tidak bisa dipandang remeh. Menjalin hubungan asmara terlarang dengan lelaki lain, siapapun dia.

Syaikh Prof. DR. Shalih Fauzan Al-Fauzan Hafizhahullah (seorang anggota majelis ulama besar kerajaan saudi Arabia dan anggota Islamic Fiqh Academy (IFQ) Liga Muslim Dunia (Rabithoh al-’Alam al-Islami)) memaparkan: “Apabila keadaan istri tidak lurus agamanya, seperti meninggalkan shalat atau suka mengakhirkan pelaksanaannya di akhir waktu, sementara suami tidak mampu memperbaikinya, atau bila tidak memelihara kehormatannya, maka menurut pendapat yang rajih, suami dalam kondisi ini wajib untuk menceraikan istrinya.” (Al-Mulakhas Al-Fiqhi, 2/305)

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah Raahimahullahu Ta’ala berkata: “Jika istri berzina, maka suami tidak boleh tetap mempertahankannya dalam kondisi ini. Kalau tidak, ia menjadi dayyuuts (suami yang membiarkan maksiat terjadi di dalam rumah)”.

Adapun bila ia tidak mau bercerai dan mengaku masih mencintai suaminya, maka ini bohong. Bila ia cinta sama suaminya kenapa harus selingkuh. Wanita yang baik dan normal tidak akan berselingkuh dengan lelaki lain, sebab ia memiliki rasa malu yang jauh lebih besar dari lelaki. Bila ia telah selingkuh dengan lelaki lain maka rasa malu tersebut tentunya hilang dan kemungkinan berselingkuh lagi sangat besar sekali. Bagaimana tidak? Ia tidak puas dengan suaminya yang ada dan telah merasakan keindahan semu selingkuhnya dengan PIL (pria Idaman Lain). Wanita yang secara umum perasaannya lebih menguasai dari akal sehatnya tentu kemungkinan mengulanginya lagi itu sangat mungkin. Apalagi PIL nya tersebut masih membuka pintu baginya.

Karena itu nasehat saya kepada suami, ceraikan saja wanita tersebut dan berilah ia kemudahan untuk mendapatkan yang ia angan-angankan. Dengan bertawakkal kepada Allah dan mengikhlaskan perceraian tersebut kepada Allah maka Allah akan menggantikan dengan yang lebih daik darinya.

Mudah-mudahan jawaban ini memberikan pencerahan yang gamblang terhadap para suami yang tertimpa musibah memiliki istri tidak setia dan pelajaran bagi kita semua untuk berhati-hati dalam memilih pendamping kita. Lihat agamanya dan akhlaknya nanti kamu akan beruntung, seperti disabdakan Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam.

sumber : http://www.ustadzkholid.com

About these ads

Posted on Mei 28, 2009, in Keluarga & Pernikahan and tagged . Bookmark the permalink. 34 Komentar.

  1. s e t u j u..

    • assalamualaikum, ustad. sy mau bertanya ustad istri saya selingkuh dengan pil yg pertama saya udah maafin ternyata dia buat lagi saya tanya hatinya dia bilang, saat sekarang ini dialah yang bisa membuatnya tenang. akhirnya keluar dari kata2 sy melalui hp kalau sy ceraikan dia dengan talak satu. belakangan ini saya ingin kembali kepadanya demi anak2 saya yang masih kecil. niat saya diterimanya ustad. tp baru berjalan satu hari saya tanpa sengaja ketemu istri saya ama pil, berpelukan diatas motor jam 12 mlm. yang sy tanyakan apakah cerai saya sah melalui hp dalam hukum agama. dan apakah tindakan saya yang harus saya lakukan terhadap istri saya. saya mohon pencerahannya ustad. karna hati saya lagi bimbang ustad karena saya sangat mencintai kelurga saya ustad. terima kasih atas sarannya

  2. s e t u j u..

  3. Semoga Alloh lindungi kita & istri2 kita juga keluarga dari segala kenistaan kemaksiatan.

  4. setuju sekali, bagaimana kalau sebaliknya yang selingkuh adalah suami, bagaimana sikap istri yang benar? minta cerai atau bagaimana?

  5. Assalamualikum Wr.Wb

    Pak Ustadz yang budiman,

    Mohon penjelasanya mengenai kriteria berzina:

    Mohon maaf kata2nya kurang sopan.
    Apakah tidur satu ranjang, dan bermesraan, berciuman, berpelukan, meraba2, bagian vital, sampai ejakulasi/orgasme. tanpa ada penetrasi. Apakah sudah termasuk dalam kategori berzina?

    Mohon penjelasan pak Ustadz.

    Terima Kasih
    Wassalamualaikum Wr.Wb.
    Abi

    • Wa’alaikum salam warohmatullahi wabarokatuh,
      secara fiqh apa yang disebut berzina adalah masuknya alat kelamin laki2 ke farji(kemaluan wanita), akan tetapi semua hal yang antum sebutkan sangat tidak pantas dilakukan kecuali kepada Istri yang sah,
      Wallahu A’alam

  6. Assalamualikum Wr.Wb

    Pak Ustadz yang budiman.

    Mohon, minta pencerahannya..
    Mana yang lebih mulia disisi Allah S.W.T, apakah saya mesti menceraikan istri saya atau saya tetap mempertahankan rumah tangga dan perlu diketahui, kami sudah punya anak 3

    Terima Kasih sebelumya atas Pencerahnnya
    Wassalamualikum Warahmathullahi Wabarrakatu
    ABI

  7. sungguh sangat terluka bila orang yang dicintai ternyata selingkuh. Bahkan berzina dengan laki-laki lain. Pasti sakiit!? Sama suaminya emang cinta. Kalo emang cinta seharusnya mau menjaga diri. mungkin nafsu dan juga lingkungan serta kondisi mendukung unutk terjadinya perselingkuhan. HP, kerja jauh pulang sebulan sekali. Hanya Allah SWT yang Mampu Menyelamatkan Umat ini dari musibah maksiat public. Amien?

  8. Assalamualikum Wr.Wb

    Pak Ustadz yang budiman.

    Mohon, minta pencerahannya..
    Mana yang lebih mulia disisi Allah S.W.T, ….”Apakah saya mesti menceraikan istri saya atau Saya tetap mempertahankan rumah tangga saya”,… karena istri saya ketahuan selingkuh dengan teman kantornya dan saya kenal baik , tapi tidak sampai berzina seperti yang Abi katakan diatas …. menurut pengakuan Istri dan berpuluh2 kali dengan menyebut Demi Allah…. , kami sudah punya anak 3 kecil2

    Kehidupan kami sebelumnya baik-baik saja, saya dan istri masing masing kerja dan ketemunya selalu malam sementara anak2 dirumah dengan baby sitter, hari Sabtu dan Minggu kadang2 Istri masuk kerja sementara saya dirumah, Saya biasanya lebih cepat pulang. Semua kejadian ini terbongkar dan saya sendiri sebagai suami yang membongkarnya setelah membaca beberapa sms mesra dan sms tidak sopan dari teman kantornya yang saya anggap sudah keterlaluan dan saya langsung interogasi istri saya dan istri saya mengakui semua perbuatannya, dan ternyata mereka sudah mulai dekat hampir 1 tahun, mereka juga sering jalan bareng ke luar kota untuk dinas, dan disitulah terjadi perbuatan2 yang tidak sepantasnya tsb. Saya adalah orang yang sangat percaya dengan istri saya, dia saya anggap mulia selama ini ibadahnya bisa dikatakan lebih baik dari saya, berjilbab dan saya anggap itu sebagai senjata dia untuk membentengi diri, setiap kali saya cemburu dan bertanya mengenai teman laki2 nya dia selau menjawab “tidak ada apa-apa kok Yah” dan setelah ketahuan perselingkuhannya ini, saya sangat menderita, geram, sakit hati…..saya sempat berpikiran yang macam2… pak ustadz,….. bunuh diri, meninggalkan rumah, dan hampir gila, kalau bukan karena anak2 saya yang masih kecil mungkin salah satunya saya sudah lakukan.

    Dan sekarang ini saya dan Istri saya masih serumah…Istri saya keluar dari pekerjaanya…
    sekarang sudah 2 bulan semenjak terbongkarnya perselingkuhan ini…dan kondisi saya masih tidak stabil….Hari ini saya bisa sayang sama istri…besok saya bisa memarahinya atau memaki-makinya….

    Mohon pencerahannya pak Ustadz

    Mana yang mulia di sisi Allah SWT. Bercerai atau mempertahankan rumah tangga?

    Terima Kasih sebelumya atas Pencerahnnya
    Wassalamualikum Warahmathullahi Wabarrakatu
    ABI

    • Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
      Semoga Alloh SWT selalu ridho dengan kehidupan kita, amin
      Mas Abi …. anda tidak sendirian mengalami ini. bahkan istri sy mungkin lebih parah. saya baru membongkr perselingkuhannya seminggu lalu yang mungkin sudah dilakukannya bertahun-tahun. Kondisi ekonomi keluarga pun, mungkin anda lebih mapan ketimbang keluarga kami. bersykurlah untuk nikmat Alloh dalam hal ini. Mohon sedekah do’anya supaya saya kuat menerima ujian ini. email sy : xxxxx@gmail.com. berharap kita bisa berbagi utk tetap tawakal.
      salam
      Teguh.

  9. Assalam mualaikum Wr. Wb
    Pak Ustadz …mohon pencerahannya…

    dari Abi..

    Walaikum salam Wr.Wb

    • Hallo mas Abi,
      Bgmana kondisi anda saat ini ?
      Saya turut bersimpati dg anda
      Sayapun punya masalah yg sama dg anda
      Bagi dong emailnya, mungkin kita bisa share ….

      Wassalam

      • Assalamualaikum..
        Halo juga mas Tanri,
        Kondisi saya Alhamdulillah mulai membaik…semua saya serahkan sama Allah SWT…tidak bisa saya pungkiri karena saya manusia biasa, rasa sakit hati saya masih ada…

        Wassalamualaikum.
        Abi

    • ass. mas abi. cerita anda sangat mirip dengan apa yang aku alami, namun laki-laki ini bukan teman sekantor tetapi pacar SMA nya yang datang kembali, namun ada bantuan fasilitas untuk selingkuh dari teman kerja istri. dan keputusan yang saya ambilpun hampir sama, masih bertahan dengan istri dan tiga anak kami, namun kami sudah tidak bisa merahasiakan hal ini dari dua anakku, sebab mereka telah tahu, dan dapat menilai.

  10. Mas Abi.

    Ceraikan…! Dia sudah tdk menciantai mas Abi. Kalau tidak percaya, coba pertahankan, dan bolehkan dia kerja lagi. akan terulang hal yang sama. carikan ibu yang baik buat anak, ibu tiri ga mesti jelek, banyak yang lebih sayang dan bisa membimbing anak.
    Atau mas Abi maafkan kali ini, jangan boleh kerja lagi. bila sekali lagi baru ceraikan, istri itu malun6a lebih besar dari lelaki, maka kalau istri yang selingkuh, fatal sudah mas….. walaupun alasannya laki lakinya yang menggoda, (mau digoda kayak apapun kalau memang dia ga mau ya ga mau), istriku dulu juga berjilbab, anak kyai, tapi di tempat kerjanya sudah 4 kali saya temukan sms mesranya dan saya labrak cowoknya, memang ga sampai ke mana mana kata mereka berdua, bukan itu masalahnya, sebagai istri yang berjilbab sudah ga bener. dia minta cerai melulu, saya kabulkan.
    Malah dapat pengganti yang lebih baik.

  11. Asalamualaikum Mas Oky,

    Saya pertahankan dengan segala kesakitan saya demi anak2 saya mas, saya tidak mau berbagi sakit hati ini sama anak2….
    saya tidak sanggup membayangkan bagaimana kalo saya cerai dan anak2 saya menanyakan keberadaan mamanya…itu yg menjadi alasan kuat mengapa saya bertahan, memang sekarang ini saya bersikap benar2 boleh dikatakan diktator dirumah yang dulunya saya sangat rileks dan bebas, sedikit kegiatan atau percakapan istri saya yang ngga saya setujui langsung saya counter…yahhhh saya sadar punya istri yang penyakitan…maka saya berusaha sembuhkan dulu penyakitnya…kalo sampai kambuh lagi…saya sudah siap untuk menceraikannya dan berbagi sakit hati dengan anak2 saya…

    Wasalamualaikum Wr. Wb
    Abi

    • Asalamualaikum Mas Abi,

      Anda sungguh seorg suami yg berjiwa besar,
      Jikalau anda ikhlas dan tdk bersikap spt dikatator …maka ‘Sebelah kaki anda sdh berada di Syurga..’
      Sayangi … Cintai dia lebih dari sebelumnya, niscaya dia akan tersiksa & sadar menerima kebaikan anda,
      Sayapun bersumpah pd dr sendiri Tidak akan meninggalkan anak2 wlpun hrs hidup dg org penyakitan (istilah anda)

      Mas Abi … sabarlah .. berdoa terus .. krn sampai kapanpun anak2 pasti akan mencari ibunya ..

      Semoga anda Kuat dlm menerima cobaan ini. Amin …

      • Mas Abi saat ini saya mengalami hal yang sama dengan anda..selingkuh via sms .hanya penyebabnya dari luar..yaitu dari ketidak harmonisan dia dengan saudara2nya dan timbulah dendam. akibatnya dia mencari2 kesalahan saya setelah saya menolak untuk mengontrak rumah ( kami tidak serumah dengan saudaranya tapi berdekatan ) Saya sampai saat ini bersabar…karena saya anggap sebagai cobaan hidup..dan tantangan buat seorang suami untuk bisa membimbing istri ke jalan yang benar… kuncinya sabarrrrr…karena Allah tidak membatasi kesabaran yang membatasi adalah manusia itu sendiri….

    • mas Abi..mungkin antum jg bisa kunjungi situsnya Ustadz Kholid Syamhudi , insya Allah beliau dapat membantu dan memberikan nasehat-nasehatnya buat antum. karena artikel diatas diambil dari tulisan beliau.

      berikut link dari artikel diatas:

      http://ustadzkholid.com/tanya-ustadz/keluarga-tanya-ustadz/bagaimana-sikap-terhadap-istri-yang-selingkuh/

      semoga Allah memberikan kekuatan dan kesabaran terhadap permasalahan yang antum hadapi ya akhi..

  12. saya irwan,saat ini saya sedang bingung,sedih,marah dan yang paling saya rasakan adalah gundah..antara menceraikan istri saya atau terus bertahan dengan keadaan saya ( khususnya saya yang tidak bisa melupakan ) yang sekarang.
    awal kejadian pada bualan oktober 2009 yang lalu,dimana istri bertemu di FB dengan teman sama SMP nya ( katanya hanya teman ).saat itu saya sudah merasa curiga karena ,setelah itu istri begitu ketat memegang hp nya.saya masih meenaruh hormat dan menepis segala rasa curiga ,demi menjaga untuk tidak jadi pertengkaran di depan anak2.hampir setiap hari istri menerima telp dan juga sms dari laki2 itu ( laki laki itu lain agama dg istri ) kami muslim.mereka sms an samapi larut pagi.saya hitung2 antara jam 00 sampai jam 1.30 bisa 60 kali sms an.setiap saya tanyakan apa yang dibicarakan ,sirti jawab biasa biasa aja.(telp dan sms an ini bisa terjadi karena saat ini istri sering keluar kota menuntut ilmu.dia ambil gelar ke yang lebih tinggi ).hingga suatu saat saya betul2 shock ketika tertangkap basah istri sedang chating di FB yang isinya ” kamu tau kan saat ini aku sedang di awasi ,aku harap ini tidak membuat kamu jauh dari aku.
    saat itu saya betul2 marah dan sedih.saya tidak mau mendengar lagi saat dia berusaha menjelaskan .karena saya tau semua tentu kebohongan yang akan di karangnya.saat itu saya sampaikan pada keluarganya.dan atas nasihat seluruh keluarga juga demi anak kami yang 3 saya memaafkan istri.
    namun sampai saat ini saya betul2 tidak bisa nyaman apa lagi melupakan kejadian itu.istri masih ngotot bahwa itu adalah pertemanan balaka.apa ada pertemanan yang sms an sampai pagi.istri orng dan suami orang.belum lagi telponan samapi 1 jam setiap kali saling telp.
    menurut pak ustadz apa yang harus saya lakukan agar saya bisa tenang dan bisa menjalani hidup dengan tidak di bayang bayang kejadian itu.kadang sya berpikir untuk menceraikan saja istri dengan baik2.

    saya 44 tahu,istri 40 th.anak 3. rumah tangga sudah 17 th.

    Terimakasih sebelumnya atas pencrahan Pak Ustadz.

  13. Assalamualaikum Wr. Wb Mas Irwan,

    Hanya satu kata untuk bisa tenang, tabah dan sabar, “IHKLAS”…
    mungkin mas sekarang bilang…” ah…..bagaimana saya bisa Ihklas?”…….

    Ya betul mas…saya juga begitu…nggak dapet2 mengerti bagaimana bisa …”Ihklas” …rasanya pengin ngebelah kepala orang itu….atau nonjok muka istri sampe penyok….

    bahkan kalo saya mas…sudah berencana untuk bakar rumah beserta saya sendiri istri dan ke-3 anak saya….

    tapi mas…saya berusaha sendiri untuk mencari jalan….dan inilah jalan yang saya tempuh dan Alhamdulillah mengobati sedikit demi sedikit luka saya selain obat dari wajah anak2 saya.:

    1. Sholat…Wajib dan sunnah….(Saya biasanya bolong bolong)
    2. Membaca Surat Yaasiin min 1 x sehari…..(sekarang saya sampe hafal…)
    3. Banyak membaca buku kajian …(rekomendasi: La-Tahzan…)
    4. Mensadari…existensi kita…” SENDIRI”…., “sebenarnya kita ini sendiri”….

    Insya Allah bermanfaat bagi semua.

    Waalaikum sallam Wr.Wb

  14. Assalamualaikum Wr. Wb
    Pa Saya ivan saya baru nikah awal bulan ini.tepatnya tanggal 9 juli 2010,awalnya hubungan saya dgn calon istri saya sebelum menikah baik2 saja saya berpacaran 4th.tidak tau kenapa saya meragukan keyakinan calon istri saya pada saat satu bulan sebelum menikah.
    ternyata perasaan saya benar.calon istri saya juga sedang menjalani hubungan dengan orang lain(teman kerja),itu terjadi satu bulan sebelum menikah.allah memberi petunjuk kepada saya.sampai akhirnya saya mengetahui hub mereka.H min 3 perasaan takut saya muncul karna saya tidak mau menjalani ini karna terpaksa.lalu saya berinisiatif untuk bertanya,dan jawaban nya membenarkan bahwa mereka sudah pacaran satu bulan sebelum pernikahan.saya menegaskan pertanyaan,dan jawabannya ternyata dia masih ingin menikah dengan saya.tepat tanggal 13 juli saya mendapati istri saya sedang berkomunikasi dengan pria itu(pihak ke3).caci maki,bahasa kotor dilontarkan dari mulut istri saya kepada pria itu kata2 itu di tujukan.saya mendengar perbincangan itu.yang menjelaskan tentang istri saya merasa terpaksa menikah dengan saya.dan tdk ada sedikit pun rasa sayang dan cinta untuk saya.rasa itu hanya untuk pria itu.saya marah kepada keduanya,si pria malah meremehkan saya seolah2 dia yang mengerti betul tentang perasaan istri saya.pria itu menyuruh saya berjiwa besar untuk melepas istri saya.kata2 itu msh bs saya hiraukan.saya anggap ini cobaan,dari awal saya sudah menegaskan supaya tidak terjadi pemaksaan.tp kan yang saya dengar istri saya masih ingin melanjutkan pernikahan pd saat itu.sms tiap malm di lakukan tanpa memandang ada saya di samping saya.jujur saya sangat sayang istri saya.pernah saya baca sms nya dr pria itu mengirim ayat2 alquran dan puji2an.puji2an tersebut berbunyi ILLa Hususon Ruhniati (nama istri saya dan binti nya) Wa iLLa Hususon Ewong Rusman Al Fatihah:Saya takut ini ada hubungan nya dengan Hal Gaib.Soalnya setiap Shalat Dan doa Istri saya hanya meminta keajaiban agar mereka dipersatukan dan saya dibukakan pintu hati nya agar mau melepas istri saya.(Pengakuan istri dan Pria tsb) APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN PA…saya sangat sayang istri saya dan saya tidak mau adanya perpisahan.sikap dan perasaannya berubah total setelah mengenal pria itu, saya seperti tidak melihat sosok wanita yang saya sayang sebelumnya.mohon solusinya

  15. ustad …….
    saya pria …. jawa … saat pernikahan kami menginjak 5 bulan dan intri sudah mengandung 3 bulan….. ketahuan berpacaran dengan teman kerjanya….. selama 7 bulan….. jd sebelmum menikah ampek menikah …. istri saya menangis minta maaf…. akhirnya saya memaafkan dan saya terima dan tak lupakan demi perikahan kami… setelah kami punyak anak sekirat umur 1.5 tahun … ada gelagat istri saya yg menyurigakan…. setelah pulang kerja dia kramas…. ….. sya tanya katanya rambutnya kotor….tapi setelah saya selidiki …. ternya dia selingkuh dengan teman kerjanya …dan saya sumpah dia atsa al-qur’an dia mengaku berzina dengan tmannya 2 kali yang satu hanya sekwilda…. dan selingkuh dengan orang lain….. hancur hatikuuuuuuu aku di bohongi 3 kali….. tapi aku masih berat untuyk meninggalkannya karena anak saya dan mertua dan orangtua saya…. kalo saya kasih tau perbuatan istri saya ke pada orangtunya ,,,,,, pastijantungnya akan kumat….. dan kalo saya kasih tau pada kedua oranr tua saya pasti jiga akan tmapah sakit,,,, akhirnya aku bertahan demi oarang2 yg saya cintai.. dan istri saya sekrang taubat…… mulai darisholat tahajid sholat duha… baca al-qur’an…. dan tambah sayang… walaupun aku belm bisa menerima semuia itu….. yang saya tanyakan …. bagaimana hukum nya klau syaa tetp bertahan …. dosakah saya ?????

  16. ampun pak ustadz !
    jawaban bapak dan dasar hukumnya mantap sekali. saya setuju sekali CERAIKAN aja baik2
    jika terbukti istri selingkuh sebaiknya kita ngk usah marah ato anarkis. terhadap istri dan PIL nya hadapi aja dengan senyuman
    bila perlu suruh sampai mereka puas selingkuhnya. toh semuanya itu memang manis/ indah waktu di awal2, tapi liat aja nnti. pasti ngk akan bertahan lama hubungan mereka. apakah masih merasa nyaman memiliki istri yg hatinya sudah ke lain hati, dan tubuh yg sudah dijamah orang lain secara gratis mengingat perjuangan kita yg mempersiapkan segala sesuatunya dengan biaya dan tenaga melalui pernikahan yg resmi. komitmen menikah adalah jelas saling setia sampai mati dan melupakan apapun diluar kekurangan suami baik nafkah, fisik, harta, penghasilan. dan lain2.

    – untuk pembaca perempuan maaf saya berkomentar dari sudut pandang laki – laki. -

    • ampun pak ustadz !
      jawaban bapak dan dasar hukumnya mantap sekali. saya setuju sekali CERAIKAN aja baik2
      jika terbukti istri selingkuh sebaiknya kita ngk usah marah ato anarkis. terhadap istri dan PIL nya hadapi aja dengan senyuman
      bila perlu suruh sampai mereka puas selingkuhnya. toh semuanya itu memang manis/ indah waktu di awal2, tapi liat aja nnti. pasti ngk akan bertahan lama hubungan mereka. apakah masih merasa nyaman memiliki istri yg hatinya sudah ke lain hati, dan tubuh yg sudah dijamah orang lain secara gratis mengingat perjuangan kita yg mempersiapkan segala sesuatunya dengan biaya dan tenaga melalui pernikahan yg resmi. komitmen menikah adalah jelas saling setia sampai mati dan melupakan apapun diluar kekurangan suami baik nafkah, fisik, harta, penghasilan. dan lain2.

      – untuk pembaca perempuan maaf saya berkomentar dari sudut pandang laki – laki. –

      sebagaimana yg pernah saya baca dalam Al – Quran dan Hadis

      ‘” Perempuan yg baik untuk laki2 yg baik, dan perempuan yg buruk untuk lelaki yg buruk ” .

  17. asalamualaikum pak ustad nama saya asep saya juga mempunyai pengalaman pahit saya merasa di khianati oleh istri saya tadinya saya mengambil dia dari jurang kemiskinan dia anak kampung saya kira dia akan nurut sama saya eh malahan dia tega menghiati saya, dia selingkuh dan melakukan zina dengan mantan pacarnya terdahulu bukti sangat kuat poto terbaru yang mesra dan saya mendoaakan mantan istri saya semoga di beri ajab yang setimpal oleh alloh dan saya sudah menceraikannya apakah apakah itu baik dan tidak akan dosa bagi saya karena saya merasa terhianati

  18. prnkahan saya br 2 taun stngah ,gw punya anak perempuan berusia 19bulan,awalnya istri gw ga mengakui kl dia lacur ma cwo laen,tp penyakit gw ga bs d boongin,,sekalip
    un dia bersumpah demi alloh ga mlkukanya,tp pd akhirnya sikap2 dia jglah yg membongkar aib nya,,sumpah gw ga bs byngin prasaan gw wktu dnger pengakuan itu,,gw skit bgt,,gw berniat menjambak rambutnya..dan menyeret nya kluar biar smua warga tau kl istri gw lacur ma cwe lain,,tp gw ga nglakuin itu gw mlh mengelus2 rambut nya,,sambil nanya knp lo tga,,,apa salah gw,,

  19. assalamualaikum, abi. sy mau tanya abi. istri saya selingkuh dgn tmn smp nya sampai pulang pagi ustad, tp pengakuan istri saya dan teman selingkuhnya hanya jalan2. yang pertama sy maafin, istri sy berjanji tidak melakukan lagi. tetapi baru berjan 2 hari istri sy jalan lg ama selingkuhan nya . maaf abi. sy tingal serumah ama keluaga istri saya. sy diminta ama keluarga istri sy untuk memaafkanya demi ank2 sy yg masih kecil. itu yg pertama abi. tp setelah kejadian yg kedua kali ini. semua keluarga istri sy tau tp tidak ada respon dari keluarganya malah sy diusir istri pergi dari rumahnya. dan sy pergi dr rumahnya, setelah itu km berhubugan melalui hp. terjadi percecokan diantara km tanpa disengaja karena emosi sy terucap kata cerai melalui hp dengan talak satu. setelah jelang beberapa hari sy berpikir bagaimana nasib anak2 dan sy juga tidak tahu apakah mereka melakukan perzinahan atau tidak karna pengakuan mereka hanya sekedar jalan2. sy coba untuk bertahan demi anak2 sy. karna sy jg masih mencintai istri sy. sy coba kembali diskusi kpda istri sy. dan km berjanji9 untuk memperbaiki semuanya. tp istri sy minta waktu yg panjang untuk memperbaikinya, karena cuma selingkuhanya yg menenangkan hatinya dan istri sy jg tau kalau teman selingkuhnya udah punya istri. dan sy menerima kesepakatan istri sy untuk bisa memperbaiki semuanya. tp baru aja 3jam berselang istri sy pergi ama selingkuhanya tanpa disengaja kami ketemu dijalan istri sy lagi berpelukan diatas motor jam 12 malam ama selingkuhanya. begitu sy melihat mereka km pun berhenti bersama hanya maaf yg keluar dari mulut mereka berdua, tp yg saya sedihkan abi istri sy tetap jalan ama selingkuhanya abi. apakah sah menurut agama kata cerai melalui hp abi. dan apakah tindakan sy denga semua ini abi. jujur sy katakan sy sanat mencintai istri sy dan ank2 sy abi. dan kalau sy bercerai apakah sy bisa mengabil alih pengasuhan anak2 sy. kepada sy abi. saya pencerahannya abi karena hati sy benar2 lg bimbang. terima kasih abi atas sarannya waalaikum salam

  20. Assallam mu’alaikum wr.wb.wt.
    Saya salah satu suami yang dihianati istri dan istri sendiri telah mengakui kalau dia sudah berzinan dengan laki laki lain, menurut pengakuannya waktu itu dia terpengaruh karena diiming imingi uang oleh laki laki tersebut. Saya yang mendengar langsung pengakuan istri. Saya memang kepikiran untuk menceraikannya, hanya saja karena adanya anak anak dan juga takut beban mental psikologis yang harus dipikul anak anak yang tidak berdosa saya sementara ini mencoba menerima musibah ini sebagai cobaan dari Allah dan mencoba mempertahankan perkawinan kami demi anak anak. Disamping itu kelihatannya istri saya sudah bertoubat dan mengakui perbuatannya itu.

    • Assalamu’alaikum….
      kisah kita benar-benar sama mas tedi,tetapi hati saya sllu di hantui dgn hubungan mereka dulu.sampai sekarang saya masih bingung mas tedi.saya sangat sayang dengan anak dan istri saya.saya tidak bisa berpisah dari keduanya.tetapi disis lain saya sangat kecewa dengan istri saya atas perselingkuhannya itu.

  21. azab allah sangat pedih, kelak yang memasuki surga itu yang pertama adalah wanita, tapi neraka zahanam penghuninya sebagian besar / dominan adalah wanita, sabarlah nasib anda sama dengan saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: