Canda Syaikh Muqbil rahimahullah

Kisah Pertama

Dikisahkan bahwa Syaikh Muqbil rahimahullah di datangi beberapa pelajar ketika sedang menyampaikan pelajaran. Mereka meminta beliau agar berkenan meruqyah seorang laki-laki yang mengalami kesurupan, yaitu dengan membacakan ayat al-Qur’an kepadanya. Syaikh Muqbil menceritakan sendiri kisah itu: “Maka aku pergi bersama mereka, meskipun aku belum pernah meruqyah seorang pun dengan bacaan al-Qur’an.

Setelah tiba di tempat yang di tuju, aku membacakan ayat-ayat al-Qur’an kepada orang yang kesurupan tadi dan aku memerintahkan sesuatu kepada jin yang merasukinya: “Hai Hamba Allah! Keluarlah kamu dari tubuh musuh Allah ini!” Padahal yang sesungguhnya ingin aku ucapkan adalah: “Hai Musuh Allah! Keluarlah kamu dari tubuh Hamba Allah ini!” Hanya saja, aku terbalik mengucapkannya”

Kisah Kedua

Syaikh Muqbil rahimahullah pernah menantang salah seorang rekan kami, Manshur al-Adyibi, untuk berlomba. Dan ternyata,  Manshur yang menang dalam perlombaan itu. Lalu dalam salah satu kesempatan di kelas, Syaikh melontarkan pertanyaan kepada Manshur dan tidak bisa dijawab olehnya. Lantas Syaikh berkata: “Kemenangan hari ini untuk membalas kekalahan yang kemarin!”

Sumber: Canda Nabi & Orang-Orang Shalih, Pustaka Imam Syafi’i via www.kisahislam.net

About these ads

Posted on Februari 2, 2012, in Adab & Akhlak, Kisah Para Ulama and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: