Pembahasan Tuntas Seputar Khomr

Data dari lembaga kesehatan dunia (World Health Organization WHO) dalam bukunya tentang khomr dan dampaknya menjelaskan bahwa sebab-sebab yang mematikan berasal dari memakai khomr dan semua yang berkaitan dengannya yang menimpa pusat-pusat peradaban, baik di Amerika Serikat, Perancis, dan banyak negara-negara lain di dunia.

Dan sesungguhnya se pertiga penghuni rumah sakit di dunia industri disibukkan dengan penyakit khomr, bahkan negara bagian Texas mengeluarkan data yang menjelaskan bahwa semua dana yang dikeluarkan untuk mengobati peminum khomr semakin menambah hilangnya ekonomi yang dihasilkan dari menghamburkan harta-benda lebih besar daripada keuntungan yang diperoleh dari produksi dan penjualan minuman beralkohol. Dan ini adalah gambaran mayoritas negara-negara di zaman sekarang.

Dan pertanyaannya sekarang adalah bagaimana mungkin penyakit ini menggerogoti manusia sejak awal sejarah sampai hari ini, menyerang pribadi, keluarga, dan masyarakat tanpa ada satu orang pun yang mampu menyelesaikannya sebagaimana mereka banyak bisa mengobati penyakit-penyakit yang ada.

Dan jawabannya, jika diterangkan rinci akan menjadi buku yang berjilid-jilid tebalnya. Akan tetapi saya akan mencobanya untuk membuat satu timbangan terhadap penyakit ini dengan menjelaskan sitematikanya sebagai berikut:

1. Sebab pertama, Mabuk seketika dan aroma bahagia, dimana duhal ini merupakan daya tarik khomr. Ilmu pengetahuan menetapkan bahwa aroma yang menyengat tidaklain kecuali menipu. Khomr sama sekali tidak bisa memacu semangat dan vitalitas, bahkan faktanya justeru khomr malah berbahaya, menjadikan mabuk. Dan ilmu pengetahuan menjelaskan hakikat mabuk itu sebagai berikut:

a. Sebagaimana sudah diketahui, bahwa otak manusia memiliki keistimewaan karena adanya pusat yang terdiri atas sel-sel perasa yang melakukan aktivitas penjagaan, sistem kontrol tentang segala yang akan dari pusat otak, awalnya ia akan merasakan sinyal, menerima dan menyimpulkannya, lalu mengeluarkannya dalam bentuk sesuatuyang rasoinal, yang layak bagi manusia untuk terus melakukannya selama hidup. Maka, ketika seseorang mengkonsumsi khomr, maka khomr itu akan memabukkan sel-sel otak perasa dan mematikan pekerjaan sel otak itu, menghilangkan sistem kontrolnya. Maka, jadilah pusat syaraf itu menjadi panas, aktivitasnya menjadi tidak terkontrol dan sistemik. Ini adalah sebab yang bisa anda temui pada orang yang terbiasa pada orang bisu dan malu pada siang hari, lisannya bergerak secepat komputer setelah terkena khomr.

2. Sebab kedua, dengan bertambahnya pengetahuan manusia akan dampak negatif khomr terhadap sisi kemasyarakatan, ekonomi, dan kesehatan, maka manusia mulai merasa sumpeg (sempit dada) dan mengoreksi diri sendiri untuk menghadapi masalah ini. Dan penelitian pun terus dilakukan untuk menemukan “kuncinya” sehingga bisa membebaskan masyarakat dari “pembunuh dan tanggungan yang berat ini”. Dan membantah kesesatan yaitu apa yang dinamakan dengan zat yang terkandung dalam khomr dan bisa membinasakan semua orang dalam penjelasannya dan membebaskan diri dari pendapat-pendapat di bawah ini:

a. Khomr tidak menjadi bahaya kecuali jika diminum dalam jumlan yang banyak dan terus-menerus, sehingga tergantung kepadanya, baik psikologis maupun tubuhnya, bahkan turut membawa dampaknegatif kepada tubuh, ekonomi, masyarakat. Pemahaman picik ini mentakan bahwa seseorang tidak akan kenapa-kenapa selama tidak terus menerus meminumnya. Padahal berbagai penelitian ilmiah justeru menjelaskan jelas dan bahayanya hal itu. Dan jika di lihat dengan jernih dalam dalam, semakin jelas dan gamblang efek yang berbahaya yang ditimbulkan oleh khomr dimana ia mampu mengubah perilaku dan proses berfikir dengan strata yang tidak mungkin masyarakat terbebas darinya, jika sudah mengkonsumsinya.

b. Tahapan kedua: Dapat diketahui melalui berbagai penelitian ilmiah yang menyatakan bahwa kandungan zat aditif dalam khomr adalah jelek dan bahkan penyebab penyakit. Sesungguhnya sejumlah orang yang kecanduan khomr tidak lebih dari 3% tidak mau bertanggung jawab terhadap mayoritas bahaya yang dialami masyarakat seperti bertambahnya jumlah perceraian, rusaknya keluarga, perampokan, pencurian, krisis ekonomi. Sebab, sesungguhnya kesehatan tubuh mereka tidak mentolerir sama sekali terhadap perilaku meminum khomr ini.

Terus, siapa yang bertanggung jawab??

Sesungguhnya bahaya yang hakiki berasal dari mereka yang setiap hari atau dalam acara-acara mereka meminum khomr. Sudah jelas bahwa sedikit dari khomr bisa merusak manusia bahkan bisa menyebabkan kematian salh satu sel otaknya.

Dr. Malvin Kinsley, guru besar fakultas kedokteran di AS dan kawan-kawannya mengatakan bahwa satu cangkir khomr bisa menyebabkan kematian salah satu sel otak manusia. Dan yang sudah diketahui bahwabahwa sel-sel otak tidak mengalami perkembangan atau pertumbuhan dua kali [baca berita mukjizat “kokohnya kepribadian -pent]. Dan semakin bertambah bahaya dari khomr ini pada orang yang setiap kali minum khomr, maka akan semakin banyak sel otaknya yang mati.

Penemuan ini merupakan informasi yang teragung yang bisa dicapai oleh ilmu pengetahuan manusia di zaman kiwari. Dengan hal ini, ilmu pengetahuan berhasil menetapkan sejumlah point penting dan menghancurkan pendapat yang mengatakan bahwa khorm dalam dosis kecil tidak membahayakan manusia.

Dari sini, kita mesti mau tunduk dan mengakui hikmah kenapa Islam mengatakan bahwa setiap yang memabukkan dalam jumlah banyak, maka sedikitnya juga haram. (Abm)

Dr. Umar Al-Baqir Shalih Al-Sudaniy

Sumber : WWW.ALSOFWAH.OR.ID

Posted on Juni 16, 2008, in Mu'jizat Qur'an & Sunnah and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: