WASPADA: Ajaran KOS (Kristen Ortodok Syiria) & Jangan Tertipu Dengan Pakaian, Cara Beribadah, Simbol-Simbol, Yang Mirip Dengan ISLAM

KOS ( Kristen Ortodoks Syiria ) merupakan salah satu sekte aliran kristen yang ajarannya sangat persis dengan Islam dari cara berpakaiannya yang memakai peci/kopiah, baju koko, sajadah dan juga jilbab. Terlebih lagi dalam cara beribadahnya, ajaran ini mengenal sholat dengan 7 waktu, yaitu:

  • Sa’atul awwal (shubuh),
  • Sa’atuts tsalis (dhuha),
  • Sa’atus sadis (Zhuhur),
  • Sa’atut tis’ah (ashar),
  • Sa’atul ghurub (maghrib),
  • Sa’atun naum (Isya’),
  • dan Sa’atul layl (tengah malam/tahajud).

Selain shalat, KOS juga memiliki pokok-pokok syari’at yang mirip dengan Islam, seperti:

1. KOS berpuasa 40 hari yang disebut shaumil kabir yang mirip puasa ramadhan

2. KOS memiliki puasa sunnah di hari Rabu dan Jum’at yang mirip dg Puasa Sunnah senin dan kamis

3. KOS mewajibkan jama’ahnya berzakat 10% dari penghasilan kotor (bruto)

4. Kalangan perempuan KOS juga diwajibkan mengenakan Jilbab & jubah yang menutup aurat hingga mata kaki

5. Pengajian KOS juga menggunakan tikar/karpet (lesehan), layaknya umat Islam mengadakan pengajian

6. Mengadakan acara Musabaqoh Tilawatil Injil dengan menggunakan Alkitab berbahasa Arab

7. Mengadakan acara rawi dan shalawatan ala KOS mirip apa yang dilakukan oleh sebagian kaum muslim

8. Mengadakan acara Nasyid, bahkan sekarang sudah ada Nasyid “Amin Albarokah“ & Qasidah Kristen (dengan lirik yang mengandung ajaran Kristen berbahasa Arab)

Meski terlihat sangat santun dan membiasakan berbahasa Arab (Ana, Antum, Syukron, dsb), tetapi mereka tetaplah Kristen. Kitab suci mereka tetap saja Alkitab, dan mereka tetap menuhankan Yesus dalam Trinitas. Hanya metodologi da’wah yang menyerupai umat Islam karena KOS berasal dari Syria. KOS tidak memakai 12 syahadat Iman Rasuli umat Kristen, sebagai gantinya mereka memakai ”Qanun al-Iman al-Muqaddas”. Penggunaan istilah islam sangat sering dijumpai, seperti ”Sayyidina Isa Almasih” untuk penyebutan Yesus. Mereka juga memakai Injil berbahasa Arab (Alkitab AlMuqaddas).

Meskipun ajaran KOS dg ajaran Islam sangat mirip dalam pelaksanaannya, akan tetapi KOS dan Islam sangat jauh berbeda dari segi Tauhid atau keyakinan. Prinsip ajaran KOS masih berputar sekitar masalah trinitas, yaitu mengakui adanya Tuhan bapak, Tuhan anak dan Ruh kudus. Dan juga Yesus peranakan Maria, memiliki sifat insaniyah (sifat seperti manusia): tidak tahu musim, (Mar 11: 13), lemah (Yoh 5:30), takut (Mat 26:37), bersedih (Mat 26:38), menangis (Yoh 11:35), tidur (Mat 8:24), lapar (Mat 4:2), haus (Yoh 19:28),dsb.

Perbedaan Prinsip ajaran Islam dengan KOS (Kristen Ortodoks Syiria):

Tauhid yang diajarkan Islam bertentangan dengan KOS. Islam menolak ketuhanan Yesus (Qs. Al Maaidah 72), sedangkan KOS mengakui Yesus sebagai Tuhan.

Islam berkeyakinan bahwa Tuhan itu tidak punya Ayah dan Ibu (Qs. Al Ikhlash 3), sedangkan KOS memiliki keyakinan , yaitu mengakui adanya Tuhan bapak, tuhan anak dan Ruh Kudus. Dan bahwa Maria adalah Walidatul ilah (Ibu Tuhan).

Islam memegang teguh kesucian nama dan sifat Allah: Allah tidak beranak dan tidak diperanakkan, Allah Maha Mengetahui, Maha Kuat, Mha Melihat, Tidak tidur dan tidak serupa dg makhluk-Nya,dsb.. (sangat banyak ayat Al-Qur’an yg menyatakan sifat-sifat Agung bagi Allah) sementara KOS tidak kuasa membendung kekurangan-kekurangan dalam sifat kemanusiaan Yesus yang tertulis dalam Alkitab.

Walaupun jika ditinjau dari tauhid dan keyakinan, kita dapat mengetahui kalau KOS bukanlah ajaran Islam tapi ajaran ini sangat harus kita waspadai karena tampak luarnya dia mirip dengan seorang Islam yang memakai peci baju koko, berjilbab serta puasa dan shalat dan juga nasyid berbahasa Arab tetapi mengandung ajaran kristen dan mengangungkan yesus yang mereka anggap sebagai tuhan.

_______________

Sumber;

http://phonegalery.blogspot.com/2011/02/no-sara-ajaran-kos-kristen-ortodok.html

http://ypsrandy.blogspot.com/

 

KHASANAH ORTODOKS SYRIA [Kristen Ortodoks Syria Dimata Pengikutnya]

Henney Sumali, SH (37)

Alumni Fakultas Hukum Universitas Airlangga Surabaya [1988] ini Ketua KOS Surabaya. pria dibesarkan dari lingkungan keluarga Kristen-Protestan ini mengaku, tertarik dengan KOS baru setahun lalu [1998]. Berikut kisahnya:

Sejak kecil saya hidup dalam keluarga penganut Kristen-Protestan yang taat. Namun, saya masih ingin mengembarakan naluri beragama saya itu. Hanya satu yang saya tuju, mencari kepastian dalam menuju keselamatan hidup dunia-akhirat. Bertahun-tahun lamanya, tapi belum juga ditemukan kecocokan. Hingga kuliah, belum juga ketemu.

Pada suatu ketika dalam suatu pertemuan di Surabaya, tepatnya Mei 1998, saya bertemu dengan Mas Bambang Noorsena, SH. Dari perbincangan dengan Mas Bambang itu, kemudian berlanjut dengan saya datang ke rumahnya, di kawasan Jalan Supriadi di Malang. Dari situlah terjadi dialog teologi. Mas Bambang banyak cerita tentang Kanisah Ortodoks Syria (KOS) dan pengalaman spiritualnya sebelum (Bambang sebelumnya penganut Kristen-Protestan) dan sesudah mempelajari KOS di Timur Tengah.

Dari situ, saya menjadi tertarik. Karena menurut saya, sekalipun Kristen-Protestan yang selama ini saya peluk merupakan rumpun agama samawi, namun belum saya temukan kepastian iman. Tapi, di KOS saya seakan menjadi terbuka dan menemukan ikhwal kepastian dalam menuju kehidupan dunia akhirat. Saya juga menemukan hakikat iman yang selama ini saya cari. Bahwa Isa al-Masih &emdash;yang menurut pemeluk Kristen-Protestan disebut Yesus adalah anak Tuhan&emdash; dihadirkan ke dunia, menurut KOS dipahami sebagai Nuzul Tuhan (penyampai firman Tuhan). Tuhan itu Esa. Tidak sama atau tidak bisa disamakan dengan makhluk. Karena kalau Tuhan sama dengan makhluk. Berarti bisa fana (binasa). Saya memahami Isa al-Masih itu, tidak berbeda halnya dengan Nabi Muhammad dalam Islam. Muhammad dihadirkan ke dunia sebagai penyampai firman Tuhan.

Saya tidak beragama Islam. Tapi, saya menemukan “islam” dalam KOS. Bahwa, apa yang saya yakini dan lakukan sehari-hari sebetulnya sudah inheren dengan “islam” (KOS memakai nama islam dengan huruf “i” kecil, sebab kalau “I” besar itu identik dengan “Dienul Islam” yang dibawa Nabi Muhammad saw). Karena hakikat “islam,” dalam KOS, artinya: berserah diri pada Allah. Jadi, apa yang saya jalani ini tidak lepas dari tuntutan.

Joko, peserta pengajian KOS Jakarta

Lelaki yang dulunya hidup dalam keluarga beragama Islam ini sempat tiga kali pindah agama, terakhir tertarik dengan KOS. Berikut kisahnya:

Pada awalnya, saya seringkali mengikuti pengajian Mas Bambang Noorsena secara rutin sebulan sekali di Hotel Sahid, Jakarta. Saya bersama sekitar 400-an orang ikut pengajian Mas Bambang. Menurut perkiraan saya, jamaah pengajian itu sekitar 60% pesertanya dari kalangan Islam. Seperti biasa, setiapkali pengajian terlebih dulu diawali dengan shalat naum (mirip shalat maghrib, karena dilakukan selepas maghrib). Usai shalat, dilanjutkan dengan Tilawatil Injil dan disambung dengan ceramah yang disampaikan Mas Bambang. Sebelum berakhir, juga diselingi tanya-jawab.

Sebelum menjadi peserta kajian KOS ini, saya sudah tiga kali pindah agama. Sewaktu saya masih kecil, kedua orangtua saya beragama Islam. Tapi, ketika saya berusia 7 tahun, ibu saya pindah ke agama Katholik. Bapak masih bertahan dengan agama Islam. Jadi ketika itu, saya juga sering diajak ibu pergi ke gereja, juga sering diajak bapak ke musalla/langgar. Saya juga diajari shalat dan puasa oleh bapak. Kehidupan beragama di lingkungan keluarga memang tampak demokratis. Tapi, dari situ, saya kemudian agnostik, percaya pada Tuhan tapi untuk sementara waktu menunda kepercayaannya. Hal itu berjalan sampai saya kuliah di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Kehidupan agnostic ini berangsur berkurang setelah saya aktif mengikuti mengikuti dialog theologi yang diselenggarakan Yayasan Paramadina di Hotel Regent, Jakarta. Dari situ pula, saya kemudian berkenalan dengan pengajian KOS yang diasuh Mas Bambang. Hingga kemudian tertarik.

Tito Pontoh, peserta pengajian KOS di Jakarta

Lelaki alumni Universitas Krisna Dwipayana Jakarta ini mengaku, lahir dari keluarga yang bermacam-macam agama. Tapi, pihak keluarganya, katanya, cukup memberikan toleransi pada keluarga lainnya yang berbeda agama. Berikut kisahnya:

Sebelum tertarik dengan KOS, saya pemeluk Kristen-Protestan yang taat. Karena lingkungan keluarga yang cukup memberi toleransi pada keluarga yang berbeda agama itu, saya juga berusaha belajar lain-lain agama. Nah, kemudian saya menjadi tertarik dengan KOS. Karena missi dan tujuannya, setelah saya pelajari ternyata baik sekali.

Bagi saya, KOS merupakan jembatan bagi pemeluk Islam dan Kristen di Indonesia yang selama ini acapkali tegang dan disalahpahami di antara keduanya. Berbagai kegiatan KOS yang saya ketahui, ia melakukan dialog terbuka, duduk sebangku dan semeja antara pemeluk Kristen dan Islam. Dari situ, saya menilai KOS cukup positif.

Hal lain yang membuat saya tertarik dengan KOS, menurut saya, KOS ini seperti tasawuf dalam Islam, kurang lebih begitu. Karena disini ‘kan ada mistik-mistiknya. Sedang di Protestan murni logika. KOS selain logis, juga membiarkan unsur-unsur tasawufnya hilang begitu saja. Dari situlah saya menjadi tertarik dengan KOS.

Tulisan : Bambang Noorsena pada Majalah Indonesia Maret 1998

Sumber: http://islamic.xtgem.com/ibnuisafiles/tsa/ortodok/kos03.htm

lambang KOS:
buku shalat KOS:
Sedang membaca Injil

Sumber: Facebook Anwar Baru Belajar

About these ads

Posted on Februari 27, 2011, in Berita and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 170 Komentar.

  1. Sebarkan berita ini untuk menjaga aqidah umat…………………………..

  2. la’natulloh ‘alaihim…

  3. assalamualikum
    izin share..

  4. assalamualaikum..
    ana, ijin share jg kang

  5. @all
    silahkan disebarkan, mudah-mudahan artikel di atas bermanfaat untuk mengetahui dan juga berhati-hati terhadap tipu daya dan makar kaum kafir salibis.

    semoga Allah Ta’ala memberikan kebaikan kepada penulis note di FB “Anwar Baru Belajar”

  6. Rizki Prasetya utomo

    Mohon maaf, tapi bukannya sebelum islam ada, gereja orthodox, terutama kristen purba dan kristen mula-mula, mereka juga sudah mngenal terlebih dulu shalat ya???

    • Shalat memang sudah ada sejak lama. Bahkan sebelum kristen menjadi agama. Shalat memang perintah Allah sejak dahulu kala. Namun, perintah ini dihapuskan oleh gereja sehingga umat kristiani yang ada sekarang mayoritas tidak shalat. Dan sebelum adanya kristen, Islam sudah ada telebih dahulu. Islam tidak ditandai dengan turunya Al Quran (ini yang sering orang awam tidak tahu). Nabi Ibrahim, nabi Daud, nabi Musa, bahkan nabi Isa, dan nabi-nabi lainnnya mereka beragama Islam. Namun, agama ini pernah dirusak oleh Romawi dan oknum gereja hingga dikembalikan lagi ke jalan yang benar melalui kedatangan nabi Muhammad.

      • Ahmad Gufron P.K

        INFO,,, MOHON PERHATIAN :
        Assalamu’alaikum wr.wb
        maaf ni mas bro “flyinginjakarta” Agama Kristen itu sudah ada sebelum masehi (SM),Yesus dilahirkan sekitar tahun 4 SM.
        Islam itu ada sekitar abad ke-7.
        oleh Nabi Muhammad saw. di Jazirah Arab sekitar abad ke-7.
        Nabi Muhammad saw dilahirkan di Makkah pada Tahun Gajah yaitu pada tanggal 12 Rabi’ul Awal atau pada tanggal 20 April (570 atau 571 Masehi).
        awalnya islam beribadah sesuai dengan kitab-kitab sebelumnya (TAURAT/Alkitab perjanjian lama)
        Penulisan (pencatatan dalam bentuk teks) Al-Qur’an dimulai sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Kemudian transformasinya menjadi teks yang dijumpai saat ini selesai dilakukan pada zaman khalifah Utsman bin Affan.
        isi dari Al-quran itu serdiri sebagian besar diam dari Kitab-kitab sebelumnya (Taurat/Alkitab perjanjian lama) dan ditambah dari kitab-kitab lain dan perjalanan hidup Nabi Muhammad, berbeda dengan kitab Kristen ( kitab perjanjian lama/tuarat yang ditambah kitab perjanjian baru/injil.
        Wassalamu’alaikum wr.wb.

        • isi dari Al-quran itu serdiri sebagian besar diam dari Kitab-kitab sebelumnya (Taurat/Alkitab perjanjian lama) dan ditambah dari kitab-kitab lain dan perjalanan hidup Nabi Muhammad, berbeda dengan kitab Kristen ( kitab perjanjian lama/tuarat yang ditambah kitab perjanjian baru/injil.
          Wassalamu’alaikum wr.wb.

          Sampeyan ini maksudnya apa, kok nulis seperti itu, istighfar ! Quran itu firman Tuhan, tidak lebih tidak kurang. Sampeyan ini bener muslim bukn?

          • hanya meluruskan…maksud dari ahmad gufron adalah, Alquran merangkum dari kitab rasul sebelum rasulullah muhammad SAW. jadi intinya alquran adalah penyempurnaan dari agama yang dibawa oleh rasul ulul azmi (Nuh AS, Ibrahim AS, Musa AS, Isa AS, sampai muhammad SAW).

            dan shalat juga sudah ada dari rasul ulul azmi hanya saja caranya berbeda, jika kita hidup pada zaman nabi nuh kita juga wajib syahadat (Ashadualla illa ha illallah, wa ashaduanna Nuh Rasulullah) begitu selanjutnya sampailah kita menjadi umatnya muhammad SAW.

            jadi pertanyaannya, kita ini apakah umatnya NUH.? Ibrahim.? Musa.? Isa.? atau Muhammad.? klo masih bernafas dan masih bisa komentar jangan bilang kita umat selain Muhammad SAW.

          • tbs murni || anda salah klo anda bilang syahadat seperti itu,dari dulu pada zaman nabi adam AS itu syahadat yg diajarkan tetap “ASYHADUALLA ILAHAILLAH WAASYHADUANNA MUHAMMADARROSULULLAH” jd gga ada syahadat lain selain itu semua ..

        • Kamu tuh orang kristen yg ingin mengadu domba org Islam. Kalau ilmu agamamu masih cetek jangan asal komentar.

        • “isi dari Al-quran itu serdiri sebagian besar diam dari Kitab-kitab sebelumnya (Taurat/Alkitab perjanjian lama) dan ditambah dari kitab-kitab lain dan perjalanan hidup Nabi Muhammad, berbeda dengan kitab Kristen ( kitab perjanjian lama/tuarat yang ditambah kitab perjanjian baru/injil.
          Wassalamu’alaikum wr.wb.”

          Menurut saya, anda ini memiliki pengetahuan Islam yang dangkal bahkan cenderung bukan Islam. Jelas Al Quran itu Firman Allah, bukan karangan Rasulullah, bukan pula perjalanan hidup Rasulullah……………
          Rasulullah nggak punya hak untuk me nambah2 dan me ngurangi2 Isi Al Quran, bahkan Al Quran akan dijaga Originalitas nya oleh Allah sampai kiamat…..
          Nggak ada cerita itu, Al Quran adalah kitab yg diambil dan ditambah2 dengan kitab lain, seakan2 buatan manusia, nggak ada cerita, mana dalilnya…..???

          Rasulullah pun kadangkala ditegur oleh Allah dalam al Quran jika beliau khilaf, so dari mana anda berpendapat bahwa Al Quran bikinan Rasulullah…???
          Banyak pula bukti2 keajaiban Al Quran, yg baru bisa dibuktikan di abad 21 ini ketika Ilmu Pengetahuan dan Technology berkembang………..
          Berikut contoh2nya :
          Keajaiban Samudra yang ternyata memiliki sungai2 air tawar di dasar laut
          (Al Furqon 53), Gunung2 berapi di dasar Laut (QS. ath-Thur (52) : 6), Gelombang2 dipermukaan laut dan di kedalam Laut, Internal Waves (An-Nuur, 24:40), Terbentuknya Jagat Raya / Teori Bigbang (QS Al-Anbiya’ : 30), Alam Semesta yang terus berkembang (QS Adz-Dzariyat : 47), (QS. Al Ghaasyiyah (88): 18), peredaran Matahari (Al Qur’an, 21:33), Teori Black Hole (At-Takwir ayat 15-16), Pergerakan gunung2 (An-Naml ayat 88), Besi yg berasal dr luar Bumi (QS Al-Hadid: 25), Teori Destilasi (QS 25:48), Keajaiban Janin (QS. Al Mu’minuun: 13-14), dan masih banyak lagi……….

          Apakah mungkin Al Quran dikarang oleh Rasulullah yang Ummi (Tidak Bisa Membaca dan Menulis)…??, apakah mungkin sudah ada Iptek yang meneliti ayat2 diatas pada abad ke 6…??? That’s why banyak Ilmuwan dari Barat (AS, Rusia, Prancis, Inggris, dll, yg convert ke Islam, karena keajaiban Al Quran…)

          Jika anda Muslim, mohon renungkan dan galilah Ilmu Al Quran dan Islam sebanyak2nya (sesuai dengan pemahaman Rasulullah dan para Shahabat)…….

          Jika anda Non Muslim, inilah bukti2 Mukjizat Al Quran dan bantahan2 bahwa Al Quran buatan Muhammad SAW, semoga anda mendapat Hidayah dari Allah….

  7. Bismillahirrahmanirrahim.

    وَمَن يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَن يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ

    “Dan siapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.”

    [Al-Qur`an surah Ali 'Imraan (3): 85]

    • saya sependapat akhi,,tidak ada agama yang lebih mulia dari agama islam..islam adalah..satu-satunya agama yang di ridhoi allah…jadi mudah2an orang-orag itu pada sadar ya allah berikanlah hidaya-MU pada mreka yang masih dalam kesesatan..

  8. hak melaknat hanya milik Allaah, jadi kita tidak berhak melaknat orang lain dalam urusan apapun, karena itu hanya hak Allaah…
    Wallaahu’alam bishshawaab

    Oiya bagi yang berminat dikirim sms dakwah setiap harinya, silahkan hubungi 085211292093

    Gratis kok

    • Salahsatu pembatal keislaman seseorang adalah:
      Orang yang tidak mengkafirkan orang kafir baik dari Yahudi, Nashrani, Majusi, orang-orang musyrik, atau orang yang mulhid (Atheis) atau selain itu dari berbagai macam kekufuran. Atau dia meragukan kekafiran mereka atau dia membenarkan mazhab/ajaran mereka, maka dia telah kafir.
      Allah Ta’ala berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada Allah dan rasul-rasulNya, dan bermaksud membeda-bedakan antara (keimanan kepada) Allah dan rasul-rasulNya, dengan mengatakan: “Kami beriman kepada yang sebahagian dan kami kafir terhadap sebahagian (yang lain)”, serta bermaksud (dengan perkataan itu) mengambil jalan (tengah) di antara yang demikian (iman atau kafir). Merekalah orang-orang yang kafir dengan sebenar-benarnya kekafiran. Kami Telah menyediakan siksaan yang menghinakan untuk orang-orang yang kafir itu.” (QS. An-Nisa’: 150-151)

  9. syukran atas pemberitahuannya,izin share .

  10. Shalat memang sudah ada sejak lama. Bahkan sebelum kristen menjadi agama. Shalat memang perintah Allah sejak dahulu kala. Namun, perintah ini dihapuskan oleh gereja sehingga umat kristiani yang ada sekarang mayoritas tidak shalat. Dan sebelum adanya kristen, Islam sudah ada telebih dahulu. Islam tidak ditandai dengan turunya Al Quran (ini yang sering orang awam tidak tahu). Nabi Ibrahim, nabi Daud, nabi Musa, bahkan nabi Isa, dan nabi-nabi lainnnya mereka beragama Islam. Namun, agama ini pernah dirusak oleh Romawi dan oknum gereja hingga dikembalikan lagi ke jalan yang benar melalui kedatangan nabi Muhammad. Semoga bermanfaat.

    • benar dulu pernah lihat artikel greja purba di dindingnya memang ada cara sholat persis umat islam jd dari dulu memang sholat merupakan perintah allah tp gak tau deh knapa kok dihilangin

  11. Nauzubillah min zalik,semoga alloh selalu menjaga & melindungi kita semua dr segala bentuk kesesatan,semoga alloh melaknat org” itu yg sdh mencampur adukan ajaran agama islam & kristen.

  12. Rizki prasetya u

    baik, syukron atas infonya

  13. Bismillah…. ‘afwan, izin share untuk blog salafy-ums… Jazakumullahu khoir….

  14. astagfirullohh…

  15. Wah suka tiru2 ya…..(kalo salah maap, belum baca sampe abis)
    O ya ijin savepage
    Thx

  16. Sosialisasikan informasi ini, mungkin ini jebakan dalam rangka kristenisasi di indonesia hingga pelosok desa

  17. Allah swt selalu punya cara untk melindungi kemurnian agamaNYA
    walopun mreka b’usaha menyempurnakan agama palsu mereka.
    Allah sdh m’ingatkan umatX untuk memilih agama agar tdk t’sesat dan sampai pd keridhoan Allh swt dalam Qs.3:85.
    Mari sm2 kt teguhkan kmbli iman kt dan smua org yg kt cintai dan dskitar kt dg m’sosialisasikan kenyataan ini,.
    :Trik baru kristenisasi di indonesia.

  18. luar biasa,,makin aneh aja ni,,,,izin share,,,

  19. ‎​​​​اَلْحَمْدُلِلّه ….

    * jadi paham,..izin share buat temen muslim yang lain ☺

  20. Dari dulu pun agama yg diturunkan ALLAH ke dunia ini adalah islam..hanya saja tata cara beribadah nya disesuaikan dgn rasul2 dari umat2 terdahulu dan disempurnakan oleh Rasulullah SAW..kata siapa kristen lebih dulu di banding islam..bahkan nabi adam pun sdh diajarkan tentang ajaran tauhid.

  21. izin share…

  22. Asslm. Berita ini adalah berita yang sangat merugikan masyarakat umat beragama, seharusnya sang penulis ini mempelajari dulu tentang sejarah kristen ortodok, apakah agama ini memang agama kristen yg sesungguhnya / benar yg mana kitabnya turun dari Sang Pencipta, atau agama yang di buat 2x oleh suatu organisasi. jujur berita ini dapat memecah belahkan umat beragama, dan sangat membodohi.

    Wasalam

    • “Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya.” [QS.al Imron: 19]

      • rainsya_perasaaan umat beragama tidak ada yang bersatunya,,,islam ya islam tetap dengan ajaran yang di bawa oleh rasulnya sebagai penyempurna agama dari sebelumnya,,,kristen ya kristen , sesuai ajaran nya,,,,nah to gak ada yang satu nya kan,,,toh kenapa jadi bisa memcahkan umat beragama,,,,,,,aneh kan…..

    • Kristen adalah ajaran bukan agama

  23. coba dipelajari dengan kerendahan dan hati terbuka, bukankah perintah shalat itu sudah ada sebelum nabi Muhammad turun, bukan kah nabi-nabi sebelum Rasulullah Muhammad SAW juga sudah melaksanakan shalat
    Menurut saya KOS tidak lah membahayakan Islam, bukan kah kristen diturunkan sebelum Islam, dan bersumber sama dari Allah SWT jadi wajar bila ada kemiripan, dan KOS kan tidak mengaku sebagai Islam jd kenapa dikhawatirkan, toh mereka tidak mencoba meraih simpati umat Islam dengan mengubah namanya
    Saya juga seorang muslim, dan saya ingin ada kerukunan diantara Bangsa Indonesia

  24. dari pertm x adanya agama kristen bru x ini mreka ikt2an mngnakan busana sperti muslim n ibdhnya ngkutin grkan sholat, ada2 aja merka ini tp sbnernya apa mksud n tjuan mereka???an mngnakan busana sperti muslim n ibdhnya ngkutin grkan sholat, ada2 aja merka ini tp sbnernya apa mksud n tjuan mereka???

  25. mbok ya biarin mereka beribadah sesuai dengan keyakinan mereka,,,mereka juga ga berniat utk merusak islam kok,kareana menurut sejarahnya kristen ortodaok udah ada sebelum nabi muhammad,,yang islam ya islam aja ,yang kristen ya biarin aja,,gitu aja kok repot,,,saling menghormati aja lah

    • maaf bro ini bisa mengganggu muslim yang masih awam ataw orang orang yang masih mencari kepastian hatinya dalam memeluk agama seperti yang terjadi pada joko, peserta pengajian KOS.

  26. Hati2 mungkin tetap harus, tapi tolong jangan terkesan mencaci, sampai dikatakan musang berbulu domba. Saya lihat dari Statement Sdr Bambang, dia tidak meyakini Nabi Isa as sebagai tuhan, tapi sebagai Penyampai Firman Tuhan. Bukankah hal itu sama dengan yang diyakini oleh kita sebagai umat Islam…?
    Bagi saya itu adalah satu langkah lagi untuk mendapatkan Islam di hati mereka. Karena seperti yang Anda lihat, banyak yang masuk KOS dari orang nasrani adalah mereka yang meragukan ketuhanan Yesus. Sedangkan orang Islam yang masuk KOS adalah mereka yang latar belakang keluarganya beragam agamanya.
    Sekarang yang dibutuhkan adalah doa kita, agar mereka diperkenankan oleh Allah SWT untuk mendapatkan hidayahNya….

  27. Muh.Khobril Huda bin Masri al-Babalani

    ‘lakum diinukum,wa liya din’
    tp klo gni ma menyesatkan,.!!
    Oleh krn it,mri smw ikhwanul muslimin sma2 mempelajari islam dg sungguh2.. barokAllahu lanaa..amiin

  28. assalamu’alaykum, izin copas. syukran jiddan atas info yang bermanfaat ini bagi ummat islami. jazakallahu khairan.

  29. saya sependapat dengan komen sdr. abu hanif sepertinya yang komen sinis, bernada melecehkan mungkin hanya berdasarkan tulisan di atas tanpa mau cari tahu apa itu KOS. saya tidak bermaksud membela KOS tapi sepertinya saya lebih bisa menerima keberadaan mereka dari pada yang sudah kita kenal sekarang, walau di KOS tetep ada yang tidak dapat saya terima yaitu pada do’a yang masih menyebut tuhan bapa tuhan anak dan roh kudus, dan ini yang membuat saya tidak mungkin meyakininya , keyakinan saya tetep 1 yaitu islam.
    Ini hanya ungkapan dari hati saya, sebelum saya baca blog ini saya dah sering baca tentang KOS termasuk sejarah KOS menurut saya mereka hanya ingin mengembalikan kemurnian ajaran Nabi Isa AS, kenapa pakaian mereka mirip dengan pakaian muslim yah karena masih dari satu akar (bumi timur tengah) semoga mereka benar2 ingin mempertahankan kemurnian ajaran nabinya bukan bermaksud mengelabuhi umat islam walaupun ini tetep berpotensi / mempengaruhi orang 2 islam kebanyakan yang lemah imanya, karna di manapun di agama apapun pasti ingin agama berkembang, tinggal diri kita sebagai pemimpin ( untuk diri maupun keluarga kita ) yang harus pandai2 membentengi dan meningkatkan keimanan kita, termasuk juga sudah menjadi tugas para kyai untuk membimbing umatnya.
    Demikian ungkapan perasaan saya yang kadang tidak seneng mendengar hujatan yang dilontarkan saudara saya sesama muslim kepad pihak lain karena saya yakin Nabi kita Muhammad SAW tidak begitu.
    Maaf bila ada tutur kata yang salah/kurang ataupun tidak berkenan di hati pembaca, terima kasih.

  30. masya allah

  31. klo yang beragama islam masuk KOS KOSan… wajar latar belakang agamanya gak karuan…

  32. kayaknya ibadah sholat adalah tradisi ortodox syria sekitar 300-400 masehi deh, sebelum adanya islam (600an masehi).

    maling teriak maling?

    • hati-hati komennya, pergunakan ilmu yang benar,tidak sesat dan menyesatkan…

    • ditipu paus paulus koq mau ajah ….. dia org romawi punya kepentingan politik demi mengukuhkan imperium romawi……koq malah percaya kl dia bilang dia dpat wahyu,,,wong dlu yg mau bunuh yesus jg dia ??….. sadarlah sadaaaarrrrrrrrrrrlah hai org2 kristen yg disesatkan wheheheh

      • Antonius Suparjo

        Mas Lucky, berarti anda belum/tidak tahu tentang Paus Paulus,buktinya ; “Menganggap bahwa Paus Paulus orang Romawi” Paus Paulus adalah orang Yahudi asli dan seorang ahli Taurat ( Kitab Suci zaman Nabi Musa AS )

  33. sungguh nabi MUHAMMAD SANGAT BENAR, Dia sudah tahu apa yng bakal terjadi diakhir jaman, agama islam akan pecah sampai 37 golongan hanya satu yang benar tetap berpegang pada ALQURAN dan HADIS nya. tidakkah kalian berpikir muhammad RASULULLAH sangat hebat bisa mengetahui yang bakal terjadi meski itu seribu tahun kemudian. tetep ISLAM yng diajarkan MUHAMMAD saw.. ALLAHU AKBAR..

  34. kaum yg telah di sesati olh rahib2 mereka yg tdk mau menerima kebenaran dan kerasulan Rasulullah shallallahu ‘alay hiwa salam

    • sayangnya tidak dijelaskan seperti apa yang benar , pada ahirnya setiap golongan mengclaim golongannyalah yang benar dan ahirnya mereka saling bertikai dan saling membunuh. mari kita ciptakan kedamaian di bumi ini , sepanjang mereka berbuat kebaikan terhadap sesama dan tidak merugikan sesama, itulah sebenar benarnya agama, menuntun umatnya berbuat kebaikan , berkarya untuk dunia, dan mengingat selalu Tuhan sang pencipta, saya rasa inilah yang diinginkan oleh Sang Pencipta.bila kita saling menghujat, mengklain agamanyalah yang benar, malah akan menyebabkan peperangan, atau carilah kebenaran yang sesungguhnya dengan belajar sejarah dan gunakan akal dan pikiran menerima suatu ajaran. untuk apa Tuhan memberikan akal dan pikiran , kalau kita menerima suatu ajaran secara buta dan tuli.sekali lagi hindarkanlah hujatan dalam comment2 di sini, dan janganlah melaknati agama lain, menganggap agamanyalah yang benar, karena inilah sumber perpecahan dan pertikaian. mohon maaf kalau ada kata2 yang tidak berkenan.

  35. assalaamualaikum, izin share pak

  36. Assalamualaikum,

    Lihat disini : http://en.wikipedia.org/wiki/File:ChristianityBranches.svg

    Dari situ, kita tahu yg cara KOS adalah fahaman yg terdahulu didalam sejarah Christianity. Lebih lama dari ajaran Western Churches, Eastern Orthodoxy dan juga Oriental Orthodoxy. Mereka tidak tertakluk kepada perintah gereja central dari fahaman Protestant mahupun Catholic.

    Dari penglihatan cara mereka bersholat, saya rasa KOS harus dialu-alukan supaya dapat menarik pengikut2 aliran Christianity yg lain seperti Protestant dan Catholic yg sudah cukup terpesong dari ajaran Nabi Isa as. Walaupun KOS tetap masih terpesong kerana menyembah Nabi Isa, tapi cara mereka adalah yg paling terdekat dengan cara ajaran Nabi Isa, ajaran Nabi Muhammad dan juga ajaran Islam. Sebaliknya, kita harus doakan kapada Allah yg dari ajaran KOS, ramai pengikut-pengikut mereka akan berhati terbuka dan lihat kepada Islam sebagai agama yg sebenar menyembah Tuhan yg satu, bukan 3 dan tinggalkan fahaman menyembah Nabi Isa sebagai Tuhan.

    Wassalam.

  37. lho..ngapain komen2 yg tdk pke ilmu,,tanyakan pada ahlinya yaitu ulama..

  38. Subhanallah…..
    Kita, umat sekarang memang dituntut harus cerdas.., sehingga kita bisa dijauhkan dari kemungkinan terperosok ke ajaran yg seolah2 benar…, padahal…..

  39. Izin share …. Banyak yg tidak tahu .. termasuk sy…

  40. Numpang share aj…makasih infonya…trs mgkin bagi yg beragama islam..jgn jd islam aj..naik tingkatan dikitlah…masak dari kecil smp tua tetep islam…naiklah ketingkatan MUSLIM…mksh

  41. izin kopas,,, skdar info za, bagi orang islam yang membenarkn ajaran agama lain , apa lg punya anggapn smua agama sama, kaya nya perlu syahadat lg…

  42. izin share kang..,,,

  43. Ass wrwb,

    Islam artinya pasrah, nabi-nabi sebelum nabi Muhammad SAW adalah beragama islam yaitu pasrah kepada Allah SWT, umat nabi Muhammad disebut moslem/muslim. Jadi biarkan saja mereka menjalankan agamanya, di surat albaqarah ayat 62 coba dilihat artinya ( PR ).
    Kalau ada keraguan dan masalah coba tanya Al Quran. tapi ya harus mengerti arti tersurat dan tersirat. Kalau tidak paham arti tersiratnya cari guru.
    ” sesungguhnya kita hidup dan dipanjangkan umur oleh Allah SWT adalah untuk berpikir”

  44. KOS memang duluan.. tapi yang sudah meyakini agama Islam tak usah bingung.. Tak usah juga mencaci..

  45. Bukankah ajaran KOS ini sudah ada sebelum Nabi Muhamad SAW diutus?? lalu kenapa di bilang niru???..rasanya pengetahuan kita orang Islam Indonesia-lah yang kurang mengenai budaya Arab sehingga tidak bisa menilai dengan objektif..Rosul hanya di turunkan untuk meluruskan AKIDAH bukan memperbaiki tata cara shalat..dan jadi pada tahukan kalo kenapa dulu Rosul tidak buka “kursus” shalat??…

  46. dengan adanya website ini, akupun jadi tahu.

    Terima kasih
    Salam….

  47. Yang terpenting bagi kita (umat muslim) tetap teguh melaksanakan ajaran islam ,jgn sampai terjebak keajaran KOS.

  48. Bukan masalah tidak menghormati agama lain, tapi kalo agama yang jelas tak diakui di negara ini, lalu sekte atau pun perilaku dan kebiasaan yang kelihatannya hampir sama seperti islam, padahal bukan islam, akan memfitnah islam di mata dunia. Jangan jangan orang orang kayak begitu itu yang suka teroris, bom boman, mengatasnamakan islam. padahal non islam…duh duh…agama gw jangan lo fitnah terus donk, kalo ga mau nyesel!!!

  49. Inilah kecanggihan Iblis dalam menyamarkan antara kebenaran akidah dengan suatu kekufuran. Yg pastinya kita (umat Islam) hrs tetap waspada,Krn akhir2 ini sekte tersebut sudah berani merambah ke sekolah2 Islam dengan berdalih pemberian segala macam paket bantuan dan pengajaran termasuk bagi2 sarung dan mukena secara gratis,dan utk melancarkan tujuannya ini mereka sudah berani meminta bantuan solidaritas kpd remaja2 masjid,dan ujung2nya mereka semua di bai’at pake air suci.

  50. subhanallah….Maha Suci Allah
    syetan akan menggelincirkan kita dengan segala cara…

  51. Berhati-hatilah dlm menilai, definisi Islam itu apa? kt Ummat Islam cenderung memonopoli makna “Islam” seolah2 yg berpuasa/shalat/memakai pakaian menutup aurat itu hanyalah Ummat Islam yg notabene pasca kerasulan Nabi Muhammad SAW, sblm Nabi Muhammad SAW ada, para Nabi dan ummat mereka terlebih dahulu shalat/puasa/menutup aurat, jd jgn sampai kt dgn mudah mencap “mrk peniru” lha perintah shalat utk Ummat Nabi Muhammad SAW aja baru ada pas Isra Mi’raj begitupun soal jilbab dll, mmg bnr saat Nabi Muhammad SAW lah agama Allah disempurnakan syariatnya, kalaupun ada perbedaan mendasar {itupun kemudian lho} hanyalah tauhid, namun hrs diingat bahkan tdk semua sekte Nasrani itu percaya trinitas {diantaranya Saksi Yehovah}, jd sekali lg berhati-hatilah dlm menilai apalagi mencap Ummat2 Nabi-Nabi terdahulu itu peniru, namun informasi ini sgt berharga utk semua Ummat Nabi Muhammad SAW agar tdk terkecoh & ttp dlm koridor “Lakum Diinukum Waliyadiin”

    • Apa maksud nya tdk semua sekte nasrani itu percaya trinitas?? Apakah anda menganggap ada orang nasrani sekarang yang beriman kepada Allah??? Ini sangat berbahaya!

    • Anda harus faham, dahulu kaum Trinitarian (Kaum Paganis, Kristen sekarang) berperang dengan kaum Unitarian (Pengikut asli Nabi Isa), mereka disiksa, dibunuh, dibantai, dan diberangus aqidahnya. Kaum Trinitarian ini mendapat dukungan politik dan kekuasaan dari penguasa Romawi, sehingga ajaran mereka yang notabene menyimpang mendapat angin segar… Siapa para pemimpin Unitarian..?? Arius, Iranaeus, Tertulianus, Origenes, Diodarus Lucianus, dll… semuanya telah dibantai, dipancung, digorok, digergaji, dibunuh……

      Kaum Unitarian ini mengakui bahwa Nabi Isa adalah seorang Nabi dan Rasul, dan Tuhan adalah Allah yang Esa, Tunggal, berbeda dengan kaum Trinitarian yang Paganis, tuhan itu satu sifat walaupun tiga pribadi. Jelas ini bid’ah, kafir dan menyimpang dari ajaran Nabi Isa. Jadi sesungguhnya kaum unitarian adalah penerus kaum Hawariyun yang sebenarnya adalah Islam……

      Ketika Rasulullah mendakwah, mengajarkan Islam, meluruskan aqidah2 yang menyimpang, mentauhidkan Allah, kaum Unitarian ini SEMUANYA BERALIH ke ISLAM. Seperti pendeta Bukhaira, dan Raja Najhasy, semua adalah kaum unitarian, dan mereka mengakui bahwa akan ada Nabi berikutnya, sebagai pelanjut risalah dari Nabi Isa. Mereka pun bersaksi bahwa Yudas lah yang sebenarnya disalib, bukan Nabi Isa….

      Allah berfirman untuk kaum Unitarian ini:

      “Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik (Trinitarianisme, Paganisme, dan serupanya). Dan sesungguhnya kamu dapati yang paling dekat persahabatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya kami ini orang Nasrani.” Yang demikian itu disebabkan karena di antara mereka itu (orang-orang Nasrani) terdapat pendeta-pendeta dan rahib-rahib, (juga) karena sesungguhnya mereka tidak menyombongkan diri. Dan apabila mereka mendengarkan apa yang diturunkan kepada Rasul (Muhammad), kamu lihat mata mereka mencucurkan air mata disebabkan kebenaran (Al Quran) yang telah mereka ketahui (dari kitab-kitab mereka sendiri); seraya berkata: “Ya Tuhan kami, kami telah beriman, maka catatlah kami bersama orang-orang yang menjadi saksi (atas kebenaran Al Quran dan kenabian Muhammad).” (QS. Al-Maaidah’ 5:82-83)

      Unitarian sekarang telah tiada, semua telah beralih ke Islam, sesuai dengan risalah Muhammad Bin Abdullah, Rasulullah SAW, adapun Saksi-saksi Yehovah, adalah unitarian palsu, karena sesungguhnya Unitarian asli telah convert ke Islam….

  52. Izin share. Jazakumullah

  53. hidayah asfaro saragih

    kalau Islam ya Islam saja.. tidak ada toleransi mengenai akidah.. termasuk KOS ini.. teruslah mencari ilmu untuk mencari kebenaran yang sebenar-benarnya, kebenaran yang hakiki…

    Katakanlah: “Maka apakah kamu menyuruh aku menyembah selain Allah, hai orang-orang yang tidak berpengetahuan?” (Az Zumar : 64)

    “Kami beriman kepada yang sebahagian dan kami kafir terhadap sebahagian (yang lain)”, serta bermaksud (dengan perkataan itu) mengambil jalan (tengah) di antara yang demikian (iman atau kafir). Merekalah orang-orang yang KAFIR DENGAN SEBENAR-BENARNYA KEKAFIRAN. Kami Telah menyediakan siksaan yang menghinakan untuk orang-orang yang kafir itu.” (QS. An-Nisa’: 150-151)

  54. Ijin share ya ,Jazakallohu khoiro

  55. ANDA TELAH MENYELENGKAN AYAT DENGAN KESIMPULAN BERIKUT

    “Salahsatu pembatal keislaman seseorang adalah: Orang yang tidak mengkafirkan orang kafir baik dari Yahudi, Nashrani, Majusi, orang-orang musyrik, atau orang yang mulhid (Atheis) atau selain itu dari berbagai macam kekufuran. Atau dia meragukan kekafiran mereka atau dia membenarkan mazhab/ajaran mereka, maka dia telah kafir.

    anda tidak memahami, bashkan memelintir ayat ini:

    Allah Ta’ala berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada Allah dan rasul-rasulNya”, dan bermaksud membeda-bedakan antara Allah dan rasul-rasulNya, dengan mengatakan: “Kami beriman kepada yang sebahagian dan kami kafir terhadap sebahagian”, serta bermaksud mengambil jalan di antara yang demikian. Merekalah orang-orang yang kafir dengan sebenar-benarnya kekafiran. Kami Telah menyediakan siksaan yang menghinakan untuk orang-orang yang kafir itu.” (QS. An-Nisa’: 150-151)”

    padahal, yang kafir dengan sebenar-benarnya kekafiran itu ialah yang kafir kpd Allah dan RasulNya ditambah bermaksud membeda-bedakan antara Allah dan rasulNya….

  56. Ya wajar, karena Kristen Ortodoks Syiria berasal dari Arab (Syiria) yang sedikit banyak akan bersinggungan dengan budaya Islam (mayoritas penduduk Syiria Muslim). Kalau agama Kristen Ortodoks Syiria berasal dari Jawa pasti akan berpakaian kejawen dan bibelnya berbahasa jawa.

  57. ijin share ya….

  58. Bismillahhirrohmanirrohiim…..

    Asyhaduanla Illaha Illalloh Wa Asyhaduanna Muhammadurosululloh…

    Allohumma Sholli ‘Ala Sayyidina Muhammad…
    Wa’ala Ali Sayyidina Muhammad…

  59. assalam
    *bagimulah agamaku dan bagiku adalah agamaku
    *tidak ada paksaan dalam beragama

    bersikap waspada tidak masalah tapi menghina yang lain adalah masalah

    • ANDA MUSLIM ATAU BUKAN YA….KOK MENULIS ARTI LAKUM DIINUKUM WALIADIIN AJA SALAH? KALAU BUKAN MUSLIM GAK USAH NGOMONG TENTANG MUSLIM… AHSAN KAMU DIAM SAJA SERIBU BAHASA…TAHU GAK AL-KAFIRUN ITU DI TUJUKAN UNTUK SIAPA…ITU UNTUK ORANG KAAFIR, YANG MENGAJAK KOMPROMI DALAM BERGAMA. KITA MENJADI MUSLIM MEMANG TIDAK ADA PAKSAAN, TAPI KALAU KRISTEN ITU SELALU MEMAKSA…CARA KASAR(PERANG) ATAU CARA HALUS ( MEMBUJUK -BUJUK DAN MEMBERI MIE INSTAN), KRISTEN KONYOL ITU YANG JUSTRU HARUS DI NASEHATI BEGITU, TAHU GAK HUKUM ISLAM TERHADAP MURTADIN( ORG YANG SUKA MENGAJAK MUSLIM MASUK AGAMA KRISTEN) ITU DI BUUUNUUH!…KAMI ADA ANJURAN UNTUK MENGAJARKAN ILMU AGAMA KITA KEPADA UMAT…JADI KAMI BERKEWAJIBAN UNTUK MEMBENTENGI UMMAT DARI SYIRIK-SYIRIK YANG DI AJARKAN KRISTEN DAN OTOMATIS KRISTENISASI PASTI AKAN KAMI LAWAN…HARAP MAKLUM YA….. HARAM BAGI KAMI MENJAGA GEREJA2 UNTUK NATALAN ATAU ACARA2 KRISTEN YANG LAIN.

  60. islam sekarang dah ada bajakannya….astagfirullah…

  61. muhammad husni tamrin

    kulo niku tetep yakin Islam niku sing paling sae, sanes sing kados niku (kos), sejarah islam niku mboten diragukan melih, kulo yakin niku !!

  62. Sesungguhnya ini merupakan bagian ujian keimanan bagi umat Islam. Karena masih banyak lagi ujian ujian yang terlihat, tersirat maupun tak terlihat. Oleh sebab itu, bersandarlah pada nilai nilai Islam yang sesungguhnya yang tertuang dalam Al Quran dan Sunah Rosulullah SAW. jika hal tersebut di laksanakan dan disebarluaskan secara menyeluruh dan berkalanjuntan. Maka karunia Allah SWT akan selalu menyertai dimanapun dan kapanpun.

  63. Ahmad Gufron P.K

    INFO,,, MOHON PERHATIAN :
    Assalamu’alaikum wr.wb
    Agama Kristen itu sudah ada sebelum masehi (SM),Yesus dilahirkan sekitar tahun 4 SM.
    Islam itu ada sekitar abad ke-7.
    oleh Nabi Muhammad saw. di Jazirah Arab sekitar abad ke-7.
    Nabi Muhammad saw dilahirkan di Makkah pada Tahun Gajah yaitu pada tanggal 12 Rabi’ul Awal atau pada tanggal 20 April (570 atau 571 Masehi).
    awalnya islam beribadah sesuai dengan kitab-kitab sebelumnya (TAURAT/Alkitab perjanjian lama)
    Penulisan (pencatatan dalam bentuk teks) Al-Qur’an dimulai sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Kemudian transformasinya menjadi teks yang dijumpai saat ini selesai dilakukan pada zaman khalifah Utsman bin Affan.
    isi dari Al-quran itu serdiri sebagian besar diam dari Kitab-kitab sebelumnya (Taurat/Alkitab perjanjian lama) dan ditambah dari kitab-kitab lain dan perjalanan hidup Nabi Muhammad, berbeda dengan kitab Kristen ( kitab perjanjian lama/tuarat yang ditambah kitab perjanjian baru/injil.
    Wassalamu’alaikum wr.wb.

  64. yang jelas agama cuma satu Yakni ISLAM….

    • Assalamu’alaikum wr.wb.
      Perkenalkan saya Heri, dulu saya adalah Kristen Protestan sekarang saya mualaf. Menurut saya tidak ada yang perlu dikawatirkan dengan KOS, justru karena saya mencari informasi tentang KOS saya menjadi mantap masuk Islam. Dulu kawan muslim saya selalu menyatakan bahwa semua Nabi itu Islam, logika saya waktu itu tidak terima kalau semua nabi Islam pasti melakukan sholat. Didalam KOS itu saya menemukan benang merah bahwa sebelum kedatangan Islam (Sebelum Nabi Muhammad) telah ada ada perintah Sholat tentunya itu dibawa oleh Risalah Nabi Isa, dan itu tersisa di KOS. Menurut saya Islam itu logis dan ilmiah, malah saya yakin apabila teman-teman KOS itu mau sedikit mempelajari Islam dengan memkritisi bibel dan menbandingkannya tidak tertutup kemungkinan terbukanya pintu Hidayah.
      Wassalam’alakum wr.wb.

      • Mau belajar agama dengan saya…? Soalnya saya kebalikannya dgn anda. Aneh aja kenapa anda bisa tersesat dgn nabi palsu???

        • Anda yang aneh, udah jelas sabda2 Yesus itu untuk si Paulus, si Nabi Palsu… Dan tau kah anda, bahwa Yesus dan Paulus itu dua ajaran yang berbeda…??? BUKA HATI ANDA, banyak berdoa pada TUHAN yang sesungguhnya, mohon dibukakan petunjuk, semoga Hidayah turun kepada anda…

  65. assalamualaikum admin
    izinkn sy share artkel ini

  66. Assalamu alaikum wr wb

    Kemunculan kristen syiria sebenarnya membuka tabir kebenaran yang selama ini terselubung. Ummat yang mengaku islam tidak perlu merasa benar karena ktpnya islam, padahal di hatinya masih banyak sifat dengki. Semua nabi adalah beragama islam, dan makna islam dalam tafsir alqur’an adalah berserah diri.nah ketika orang kristen syria masih memakai istilah TUHAN BAPA, TUHAN ANAK, DAN ROH KUDUS, UMMAT ISLAM JUGA HARUS DAPAT MEMBEDAKAN SIAPA 1. ALLAH, 2. ILAH DAN 3. RABB, logika manusia normal pasti tidak dapat menerima bahwa ALLAH BERANAK DAN DIPERANAKKAN. dan TUHAN BAPA HANYA MERUPAKAN ISTILAH SAJA UNTUK MENYEBUT ” ALLAH ” ITU TADI. BUKAN KAH ALMASIH MENURUT ALQUR’AN AKAN TURUN – KENAPA JUSTRU UMMAT ISLAM KETAKUTAN, APAKAH MEREKA TAKUT KETAHUAN BAHWA IMANNYA JUGA BELUM BENAR..????? ( BANYAK ORANG BER KTP ISLAM – TETAPI SESUNGGUHNYA PRILAKUNYA TIDAK MENCERMINKAN SEBAGAI PENGIKUT RASULULLAH MUHAMMAD.SAW ). BUAT APA MENGAKU PENGIKUTNYA BILA YANG DIIKUTI TIDAK MENGAKUI???.TKS

    • Apakah anda mengira ada kebenaran selain dari pada islam ??? Pergi baca surah Alfatihah dan Albayyinah dan tadabburi maknanya ! Semoga anda dapat petunjuk
      Adapun ke khawatiran umat islam adalah kami tidak rela saudara kami terpengaruh dg subhat semacam ini, subhat itu laju seperti anak panah dan hati itu sangat lemah, para imam terdahulu sangat khawatir mendengar subhat, apalagi kita org awam seharunya lebih khawatir

  67. Izin Copas akhi, semoga bermanfaat mempererat ukhuwah kita

  68. Alexander the Great, adalah Raja Macedonia yg lalim dari tahun 330 seb.Masehi, namun kisahnya bisa masuk ke dalam Alquran, dan dipuji dgn nama Iskandar Dzulkarnain. Aneeeh banget, mohon penjelasannya pak…

    Al Kahfi 18:83-92.
    Banyak orang bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Zulkarnain. Katakanlah: Saya akan bacakan kisahnya kepadamu. “Dia telah Kami beri kedaulatan di atas bumi ini, dan telah Kami beri jalan untuk mencapai segala sesuatu. Dia telah memenuhi segala syaratnya. Waktu dia sampai di negeri matahari terbenam, dilihatnya matahari terbenam di laut yang hitam. Di sana dia berhadapan dengan penduduk negeri itu. Kami berkata: Hai Zulkarnain, kamu boleh bertindak terhadap mereka itu dengan kekerasan atau dengan secara baik (damai).” Kata Zulkarnain; Kami hanya akan bertindak terhadap orang yang telah berbuat lalim, yang kemudian diazab kembali oleh Tuhan dengan azab yang ngeri.” Ada pun orang yang beriman dan berbuat baik, dia berhak menerima ganjaran yang bagus, dan kami akan berkata kepadanya, bahwa kami hanya menghendaki kebaikan.” Seterusnya (dalam mencapai cita-citanya), dia sudah memenuhi syarat-syaratnya. Waktu dia sampai pula di negeri matahari terbit, dia melihat matahari itu terbit di negeri yang penduduknya tidak. Begitulah halnya Zulkarnain dan Kami tahu apa yang ada padanya (kekuatan angkatan perangnya). Seterusnya dia memenuhi lagi syarat-syarat itu

    • Dzulkarnain dalam Al Quran belum tentu Alexander The Great, dia bisa saja Cyrus The Great atau Akhenten atau yang lain, siapa yang tau…?? Hanya Allah lah yang Maha Mengetahui. Yang jelas dalam Al Quran, Dzulkarnain adalah seorang Raja, Panglima Perang, dan orang yang beriman…. Bisa jadi ia seorang Nabi……
      Abu Dzar Al-Ghifari, ia bertanya pada Rasulullah, “Ya Rasulullah, berapa jumlah rasul?”, Nabi shallallahu’alaihiwasallam menjawab, “Tiga ratus belasan orang.”
      (HR. Ahmad) dishahihkan Syaikh Albani.
      Dalam riwayat Abu Umamah, Abu Dzar bertanya, “Wahai Rasulullah, berapa tepatnya para nabi?”, Nabi shallallahu’alaihiwasallam menjawab “124.000 dan Rasul itu 315 orang.”

      Jika Alexander The Great seorang Polyteist (memiliki banyak tuhan) bisa jadi ia bukan Dzulkarnain yg dimaksudkan Al Quran.., atau bisa jadi ia seorang monoteist (Satu Tuhan) tapi para pengikutnya lah yg merubah ajarannya layaknya Nabi Isa…..
      Begitu pula dengan Cyrus The Great, tidak ada yg bisa menjamin ia seorang Mononteist atau Polyteist, semuanya hanya Allah SWT yang Maha Mengetahui….

      Bagi Kita umat Islam, siapapun dia, entah Ibrahim, Dzulkarnain, Musa, Isa, dll.. semua ajarannya telah tutup buku (Expired)….. Ajaran yang berlaku, bahkan sampai kiamat, adalah ajaran dari Muhammad bin Abdillah, Rasulullah SAW, hanya dia yg ajarannya di akui oleh Allah SWT……….

      Mengenai siapa Dzulkarnain di dalam Al Quran, biarlah nanti di hari kiamat, di Yaumil Mahsyar akan ketahuan siapa dia, dan nabi2 dan rasul2 yang lain, siapa2 saja mereka. Sesungguhnya tiap2 nabi dan Rasul akan memimpin dan bersaksi atas umat2nya. Allah berfirman:
      (Dan ingatlah) akan hari (ketika) Kami bangkitkan pada tiap-tiap umat seorang saksi (Rasul) atas mereka dari mereka sendiri dan Kami datangkan kamu (Muhammad) menjadi saksi atas seluruh umat manusia. Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Qur’an) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri (QS. An-Nahl [16] : ayat 89)

  69. Ade Malsasa Akbar

    Terima kasih, Saudaraku. Saya baru tahu.

  70. zaidin sang perantau

    kalo menganggap yesus sbgai orng yg mulia bagus malhn. .tpi klo sudh menganggap yesus sbg tuhn sama aja kafir dn balasnnya tidk hnyalh neraka dn mrka kekal didalmnya

  71. Agama Kristen memang bertransformasi sesuai kebudayaan setempat. baik itu di Israel, Barat /romawi (Katolik/Protestan), Asia Kecil/Turki, Yunani & Rusia (ortodoks), (koptik)Koptik, Absyina/Ethiopia, dll, Jadi kenapa mesti heran dengan cara ibadah Kristen Ritus timur (Syria) dan saya yakin shalat dalam ritus syria sudah dilakukan sebelum datangnya islam abad ke 6, dasar Iman Ritus Timur dan Barat adalah sama, cuma cara beribadah saja yg berbeda sedangkan dengan Islam tentu konsep-nya ke-Imanan-nya sangat2 berbeda.

  72. parah bgt tuh aliran , ktauan niru bgt , btw pengikut aliran itu udh bnyk blom ??
    ijin share yh gan ^^

    • zakaria harus lebih rajin baca sejarah perkembangan agama di bumi biar ga seperti katak dibawah tempurung , siapa yang niru siapa yang ditiru bener kacau penglihatan anda, masak yang yang duluan muncul niru yang belakangan muncul?

  73. Assalamu alaikum wr wb
    Nama saya ibnu. Bagi siapapun yang bisa menolong saya menemukan jawabannya. Saya akan berterimakasih. Saya pernah ditanya oleh seorang teman, “Apakah Nabi-Nabi pernah berbuat dosa & minta pengampunan dosa?” Terus saya jawab pernah, karena memang itu yg saya tahu.

    Kemudian saya ditanya lagi, “Apakah Nabi Isa AS pernah berbuat dosa & minta pengampunan dosa?” Saya jawab mungkin saja beliau pernah berbuat dosa.

    Lalu saya ditanya lagi, “Dimana ayatnya di dalam Al-Quran yg menyatakan Nabi Isa AS pernah berdosa & pernah minta ampun atas dosa beliau?” … nah pertanyaan yang terakhir ini yg membuat saya bingung …. sampai hari ini saya belum bisa menemukan ayat-ayat tersebut.

    Wassalam’alakum wr.wb.

    • to Ibnu:
      di alkitab bnyk disebutkan bhw Yesus minta ampun

      :-)

      bukti bhw Yesus BUKAN Tuhan

      • ini contoh ayatnya:

        matius:
        6:9 Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu,
        6:10 datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.
        6:11 Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya
        6:12 dan AMPUNILAH KAMI akan KESALAHAN kami , seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami;
        6:13 dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. (Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya.
        Amin.)

  74. Assalamu alaikum wr wb

    Terima kasih atas bantuannya.
    Saya sudah tunjukkan ayat itu. Temannya saya malah menunjukkan ayat itu, Matius 6:5-15:

    5 “Dan apabila kamu berdoa, janganlah berdoa seperti orang munafik. Mereka suka mengucapkan doanya dengan berdiri dalam rumah-rumah ibadat dan pada tikungan-tikungan jalan raya, supaya mereka dilihat orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya. 6:6 Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi . Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu. 6:7 Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan. 6:8 Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya. 6:9 Karena itu berdoalah demikian 3 : Bapa kami yang di sorga , Dikuduskanlah nama-Mu , 6:10 datanglah Kerajaan-Mu , jadilah kehendak-Mu 7 di bumi seperti di sorga. 6:11 Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya 86:12 dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; 6:13 dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat . (Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.) 6:14 Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. 6:15 Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu.”

    Katanya, ayat ini tentang Yesus mengajarkan bagaimana berdo’a tidak seperti do’a orang-orang munafik. Lalu dia menunjukkan ayat yang lain, Lukas 11:1-4:

    11:1 Pada suatu kali Yesus sedang berdoa di salah satu tempat. Ketika Ia berhenti berdoa, berkatalah seorang dari murid-murid-Nya kepada-Nya: “Tuhan, ajarlah kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya.” 11:2 Jawab Yesus kepada mereka: “Apabila kamu berdoa, katakanlah: Bapa, dikuduskanlah nama-Mu; datanglah Kerajaan-Mu. 11:3 Berikanlah kami setiap hari makanan kami yang secukupnya 11:4 dan ampunilah kami akan dosa kami, sebab kamipun mengampuni setiap orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan.”

    Katanya lagi, ayat itu Yesus mengajarkan bagaimana berdo’a yang benar. Dia bertanya, “Apakah ada kata-kata bahwa Yesus berdosa dan minta ampun atas dosa-dosanya?” Saya hanya diam & bingung ….

    Toloong, saya masih perlu bantuan menemukan ayat-ayat dalam Al-Quran, atau Alkitab yg mengatakan Nabi Isa AS (Yesus?) berdosa dan pernah minta pengampunan dosa seperti Nabi-Nabi lainnya.

    Wassalamu’alaikum wr.wb.

  75. Assalamu alaikum wr wb

    Saya bingung … kata teman saya lagi, bukti lain bahwa Yesus tidak minta ampun dalam Matius 6:5-15:

    5 “Dan apabila kamu berdoa, janganlah berdoa seperti orang munafik. Mereka suka mengucapkan doanya dengan berdiri dalam rumah-rumah ibadat dan pada tikungan-tikungan jalan raya, supaya mereka dilihat orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya. 6:6 Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi . Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu. 6:7 Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan. 6:8 Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya. 6:9 Karena itu berdoalah demikian 3 : Bapa kami yang di sorga , Dikuduskanlah nama-Mu , 6:10 datanglah Kerajaan-Mu , jadilah kehendak-Mu 7 di bumi seperti di sorga. 6:11 Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya 86:12 dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; 6:13 dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat . (Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.)

    6:14 Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. 6:15 Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu.” (kata teman saya, “..dari ayat ini saja sudah jelas bahwa Yesus mengajarkan berdo’a kepada muridnya & di dalam do’a itu Yesus mengajarkan minta ampun & mengampuni”

    …. Menurutnya, jika Yesus juga minta ampun, maka ayatnya akan berbunyi demikian,
    “6:14 Karena jikalau KITA (KAMU diganti: KITA) mengampuni kesalahan orang, Bapa KITA (BAPAMU diganti BAPA KITA) yang di sorga akan mengampuni KITA (KAMU diganti: KITA) juga. 6:15 Tetapi jikalau KITA (KAMU diganti: KITA) tidak mengampuni orang, Bapa KITA (BAPAMU diganti BAPA KITA) juga tidak akan mengampuni kesalahan KITA (KESALAHANMU diganti KESALAHAN KITA).

    Jadi, saya masih perlu bantuan menemukan ayat-ayat dalam Al-Quran, atau Alkitab yg mengatakan Nabi Isa AS (Yesus?) berdosa dan pernah minta pengampunan dosa seperti Nabi-Nabi lainnya. Mungkin hanya dengan itu bisa meyakinkan teman saya bahwa Nabi Isa AS (Yesus?) sama dengan Nabi-Nabi lain yang berdosa & pernah minta ampun atas dosa beliau….

    Wassalamu’alaikum wr.wb.

    • ibnu ardhan al maidany

      بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

      Dari ibn Siirin berkata “ilmu itu adalah agama, jadi perhatikan dari mana kamu mengambil ilmu tersebut”. Kepada mas ibn, bagaimanapun anda berhujjah dengan alkitab tidak akan pernah anda mendapatkan yang namanya jawaban dan kebaikan karena seluruh kitab2 dari umat terdahulu telah dimansukh oleh Allah dan disempurnakan oleh Allah Subhanahu wata ala. Kenapa Allah membatalkan semua syariat terdahulu itu disebabkan kedurhakaan umat2 terdahulu hingga bani israel yang telah dijelaskan oleh Allah dalam surah Albaqarah sebagai pembunuh para nabi dan suka merubah2 syariat. perlu anda wahai kaum nasraniun ketahui. syariat sholat adalah ibadah nabi ibrahim dan seluruh para nabi itu islam, dan kelak diakhir jaman Nabi Isa Alaihisalam turun bukan untuk membawa syariat dan beliau islam dan sholat dibelakang imam dari orang muslim. terus agama apa yang kalian jalankan selama ini? seharusnya kalian menilik sejarah kalian sebelum kalian menjalankan syariat kalian sebagai seorang pemeluk syariat yang dibawa nabi isa Alaihisallam. Bahwa laknat Allah beserta kalian seperti pembawa pesan bid’ah menganggap remeh karena hawa nafsu tapi tidak satupun yang menyentuh kalbu… Allahu mustaa’an. Ayat itu ada di ayat terakhir surah mulia Al fatihah yang selalu kami baca dalam sholat kami. Ketehuilah wahai kaum nasraniun yang ikut berkomentar diblog ini, andaikata kalian islamnya seperti islamnya ya’kub Alaihisalam dan menyerahkan seluruh urusan sepenuhnya kepada Allah pastilah Allah akan menuntun kalian kembali kejalan yang lurus. karena hidupnya kesesatan yang kalian jalani sampai akhir jaman adalah istidradzh dari Allah dan kuasa dari allah untuk memisahkan mana yang sesat mana golongan yang diberi petunjuk. Selama ini kalian mengikuti agama prasangka dari sang pembuat fitnah dan pendusta yang membuat agama nasrani berubah menjadi kristen. itulah agama yang kalian anut.. AGAMA PAULUS.. Innalillahi wa inailaihi rajiun. naudzubillahi min zalik..semoga Allah mengazabnya dengan sangat hina di jahannam. Tidak ada satupun usaha yang kalian buat2 untuk meruntuhkan agama Allah. Dan jika kalian ingin mencari ridhonya maka islamlah itu lebih baik bagi kalian daripada berbuat sesuatu yang hanyalah sebatas prasangka semata

      …وَمَن يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَن يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ

      “Dan siapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.”

      Paulus Sang Perombak Ajaran Yesus

      Oleh: Hj. Irene Handono, Pakar Kristologi, Pendiri Irene Center.

      Setelah peristiwa penyaliban, berbeda-beda pendapat tentang kondisi Yesus (Isa as). Ada yang menganggapnya mati di tiang salib. Keyakinan ini yang diinginkan oleh rabi-rabi Yahudi dan umatnya yang menolak Yesus. Dan ada pula yang berpendapat bahwa Yesus (Isa as) belum meninggal, tapi Allah telah menyelamatkannya seperti yang di katakan dalam Alquran, surah An-Nisa: 157.

      Seperti apa perkembangan umat sepeninggal Yesus (Isa as)…

      Yahudi Terbelah
      Umat Yahudi terbagi atas tiga golongan. Pertama, orang Yahudi yang meyakini kebenaran misi Yesus dan kemudian menjadi pengikut Yesus. Mereka ini disebut sebagai Nasrani dan di antara mereka ada murid-murid yang setia yang disebut dalam Alquran sebagai Hawariyyun (QS As-Shaff: 14). Dalam tulisan-tulisan ahli sejarah, golongan ini disebut sebagai Yudeo-Christianity/Yahudi-Kristen.

      Kedua, orang Yahudi yang memusuhi Yesus dan pengikutnya. Mereka ini pengikut rabi-rabi Yahudi. Merekalah yang ketika Pilatus memberikan pilihan antara Yesus dan Barabas, maka mereka lebih memilih Barabas untuk dibebaskan ketimbang Yesus.

      Wali negeri menjawab dan berkata kepada mereka: “Siapa di antara kedua orang itu yang kamu kehendaki kubebaskan bagimu?” Kata mereka: “Barabas” Kata Pilatus kepada mereka: “Jika begitu, apakah yang harus kuperbuat dengan Yesus, yang disebut Kristus?” Mereka semua berseru: “la harus disalibkan!” Mattus 27:21-22

      Ketiga, orang yang bukan bangsa Israel dan mereka juga tidak menganut agama Yahudi. Mereka ini disebut dengan Goyyim/Gentile. Umumnya kaum ini berasal dari Romawi dan daerah lain. Mereka memuja berhala atau banyaktuhan sehingga disebut kaum pagan.

      Jati Diri Paulus
      Dalam perkembangannya muncul seorang bernama Paulus. Dialah yang mengubah keyakinan yang dibawa Yesus dengan wajah baru yang sama sekali berbeda dengan keyakinan aslinya. Ironisnya keyakinan inilah yang diikuti hingga detik ini oleh umat Kristen sedunia.

      Nama aslinya adalah Saul, lahir di Tarsus (Turki) kira-kira 2 tahun sebelum Masehi. Karena Yesus lahir kira-kira tahun 6 SM, maka Paulus kira-kira berusia 8 tahun lebih muda daripada Yesus. Ayah Paulus berasal dari Suku Benyamin salah satu suku dari 12 suku Bani Israel. Saat itu di kotaTarsus terdapat sebuah perguruan Yunani, sejumlah kuil dewa-dewi, gedung komedi, dan tempat-tempathiburan lainnya yang sangat digemari oleh orang-orang Yunani. Sejak muda Paulus sangat tertarik pada kebudayaan Yunani terutama filsafatnya. Pada dirinya terkumpul dua pengaruh, hukum Taurat dan filsafat Yunani.

      Sinkretisme
      Secara formal Paulus juga berguru pada Gamalil, seorang ulama Yahudi yang amat terkenal di Yerusalem. Persinggungan pengaruh filsafat Yunani terhadap agama Yahudi di masa itu adalah hal yang umum. Aliran filsafat Yunani yang amat berpengaruh ketika itu adalah aliran Stoa yang pantheistik menganggap Tuhan dan makhluk merupakan suatu kesatuan yang sama zatnya dan hanya berbeda dalam penglihatan bentuk. Pencampuran antara ajaran filsafat Stoa dengan ajaran agama Yahudi terdapat pada filosof Yahudi Philo. Ia menganggap Logos dari Stoa sebagai semacam malaikat yang tertinggi alias Roh Kudus. Philo hidup semasa dengan kehidupan Yesus dan Paulus.

      Paulus bukanlah orang Betlehem (kota kelahiran Yesus) atau orang sekte Nazarene/Nazorite dan bukan pula orang Yerusalem. la tidak pernah berhubungan dengan lingkungan Yesus. Dia bukanlah murid Yesus, juga bukan pula pengikutnya.

      Malah bibel sendiri mencatat Paulus merupakan musuh pengikut-pengikut Yesus dan ia bertindak sangat kejam sekali kepada mereka. Paulus hingga matinya tidak pernah menikah karena kondisi fisiknya yang tidak memungkinkan.

      Menyusup
      Paulus menyatakan diri sebagai Rasul Yesus. Dia menemui para murid Yesus, mengetahui kelebihan, kelemahan dan kekuatan pengaruhnya. Dia memulai rencananya dengan menyebarkan ajarannya kepada orang-orang non Yahudi. Karena merasa mendapat kemajuan, dia mencurahkan seluruh kemampuannya dan berhasil mendapatkan pengikut dalam jumlah besar. la memasukkan ide-ide filsafat Yunani ke dalam ajaran Yesus yang didapatkannya dari murid Yesus.

      Ajaran Yesus (Isa as) adalah khusus hanya untuk bani Israel, hal tni disebutkan dalam Alquran,

      Dan (ingatlah) ketika Isa ibnu Maryam berkata: “Hai Bani Israel, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab sebelumku, yaitu Taurat, dan memberi khabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad).” Maka tatkala rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata: “Ini adalah sihir yang nyata.” QS. As-Shaff: 6

      Dan juga dalam Bibel disebutkan dengan jelas sekali bahwa misi Yesus hanya untuk bani Israel.

      Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: “Janganlah kamu menyimpang kejalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” Matius 10: 5-6

      PAULUS UBAH TOTAL AJARAN YESUS

      Kebudayaan Yunani sangat berpengaruh luas di masyarakat tanah Yudea kala itu, yang sekarang Palestina. Masuknya kebudayaan dibawa penjajah Romawi. Selain menjajah, merampok harta rakyat dan kekayaan alam, mereka juga menyebarkan ideologi mereka ke masyarakat Yahudi yakni Pantheisme.

      Kalau kita pernah menonton film serial Hercules, di sanalah gambaran tentang ajaran Pantheisme. Ajaran yang menyembah pada banyak tuhan. Ada yang disebut dengan Zeus, tuhan tertinggi, bapak semua tuhan. Ada Hera, istri Zeus, Ares tuhan perang, Aprodite tuhan kecantikan, dan masih banyak yang lain. Yang menarik di sini, Zeus mengawini perempuan bumi dan melahirkan seorang anak laki-laki yang super kuat yang diberi nama Hercules. Dan dia dianggap sebagai penyelamat umat manusia.

      Mengapa disebut menarik, sosok pribadi Hercules ini sangat mirip dengan Yesus yang juga dianggap sebagai penyelamat umat manusia. Memang kedatangan Yesus (Isa as) adalah untuk menyelamatkan umat manusia tapi bukan sebagai tuhan yang hidup di tengah manusia seperti halnya Hercules. Nabi Isa as. hanyalah seorang manusia, utusan Allah, seorang nabi, seorang penunjuk jalan pada kebenaran yang diridhai Allah SWT.

      Nah ajaran yang salah ini, bahwa Yesus adalah tuhan seperti halnya Hercules, justru disebarluaskan oleh Paulus. Ajaran Yesus adalah menyembah pada tuhan yang satu, tauhid. Sedangkan ajaran Paulus adalah bentuk turunan dari ajaran Pantheisme. Paulus mengajarkan trinitas, tiga tuhan yakni bahwa ada Tuhan Bapak, Tuhan Anakdan tuhan Roh kudus.

      Berikut adalah bagaimana sesungguhnya perbedaan ajaran Paulus dan Yesus.

      10 pokok beda ajaran Yesus dan Paulus

      1. Ajaran Yesus: Yesus adalah utusan Tuhan (Yesus tidak pernah meminta disembah/dituhankan).
      Jawab Yesus: “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” (Matius 15:24)

      Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus. (Yohanes 17:3), (Yohanes 11:42)

      Aku (Yesus) berkata kepadamu: Sesungguhnya seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya, ataupun seorang utusan dari pada dia yang mengutusnya… Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa menerima orang yang Kuutus, ia menerima Aku, dan barangsiapa menerima Aku, ia menerima Dia (Bapa) yang mengutus Aku. (Yohanes 13:16, 20)

      Kamu telah mendengar, bahwa Aku (Yesus) telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datang kembali kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar daripada Aku. (Yohanes 14:28)

      #Ajaran Paulus: Yesus adalah tuhan.
      Namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup. (1 Korintus 8:6)

      Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. (Roma 10:9)

      Paulus berusaha mendoktrin orang lain bahwa hanya dengan meyakini Yesus sebagai Tuhan dan percaya Yesus telah bangkit dari antara orang mati, maka ia akan diselamatkan. Dalam ajaran Paulus/Kristen, Yesus lebih dipromosikan sebagai Tuhan ketimbang dengan Tuhan Allah/Bapa. Bandingkan dengan pernyataan-pernyataan Yesus yang lebih menonjolkan Allah/Bapa sebagai Tuhan Yang Esa.

      2. Ajaran Yesus: Tidak membatalkan hukum Taurat, justru meneruskan hukum Taurat
      “Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku (Yesus) datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. (Matius 5:17)

      Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. (Matius 5:18)

      Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga. (Matius 5:19), (Matius 5:20)

      Hukum Taurat merupakan bagian dari ajaran Yesus yang wajib dilaksanakan oleh umatnya.

      #Ajaran Paulus: Kristen mengutuk hukumTaurat.
      Kamu tahu, bahwa tidak seorangpun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh karena iman dalam Kristus Yesus. Sebab itu kamipun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat. Sebab: ‘Tidak ada seorangpun yang dibenarkan’ oleh karena melakukan hukum Taurat. (Galatia 2:16), (Galatia 3:24-25), (Galatia 5:4), (Roma 3:27-28) dan (Efesus 2:15).

      3. Ajaran Yesus: Laki-laki harus Khitan.
      Dan ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan, Ia diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya. (Lukas 2:21) Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat; haruslah dikerat kulit khatanmu dan itulah akan menjadi tanda perjanjian antara Aku dan kamu. (Kejadian 17:10-11)

      Anak yang berumur delapan hari haruslah disunat yakni setiap laki-laki di antara kamu, turun-temurun: baik yang lahir di rumahmu, maupun yang dibeli dengan uang dari salah seorang asing, tetapi tidak termasuk keturunanmu. (Kejadian 17:12), (Kejadian 17:13), (Kejadian 17:l4), (Kejadian2l:4)

      #Ajaran Paulus: Kristen tidak mewajibkan Khitan.
      Sebab bagi orang-orang yang ada di dalam Kristus Yesus hal bersunat atau tidak bersunat tidak mempunyai sesuatu arti, hanya iman yang bekerja oleh kasih. (Galatia 5:6)

      Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak penting. Yang penting ialah mentaati hukum-hukum Allah. (1 Korintus7:19)

      4. Ajaran Yesus: Tidak ada dosa waris.
      Ketika Yesus melihat hal itu, Ia marah dan berkata kepada mereka: “Biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah. (Markus 10:14)

      Orang yang berbuat dosa, itu yang harus mati. Anak tidak akan turut menanggung kesalahan ayahnya dan ayah tidak akan turut menanggung kesalahan anaknya. Orang benar akan menerima berkat kebenarannya, dan kefasikan orang fasik akan tertanggung atasnya. (Yehezkieli 8:20)

      #Ajaran Paulus: Setiap orang mewarisi dosa Adam
      Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang (Adam), dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa. (Roma 5:12)

      *** Oleh karena dosa warisan dari Adam tersebut, menurut Paulus, disalibnya Yesus konon untuk menebus dosa-dosa manusia.

      5. Ajaran Yesus: Berpuasa, berwudlu, mengajarkan sujud serta berdoa ketika sedang sujud.
      Tetapi apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu. (Matius 6:17)

      Musa dan Harun serta anak-anaknya membasuh tangan dan kaki mereka dengan air dari dalamnya. Apabila mereka masuk ke dalam Kemah Pertemuan dan apabila mereka datang mendekat kepada mezbah itu, maka mereka membasuh kaki dan tangan -seperti yang diperintahkan Tuhan kepada Musa. (Keluaran 40:31-32)

      Maka Ia (Yesus) maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: “Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.” (Matius 26:39), (Bilangan 20:6), (Kejadian 17:2-3)

      #Ajaran Paulus: Bernyanyi di gereja.
      Dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani. Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati. (Efesus 5:19)

      Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu. (Kolose 3:16)

      *** Menyanyi di gereja bukanlah ajaran Yesus, tetapi ajaran Paulus (Efesus 5:19).

      6. Ajaran Yesus: Melarang hidup mewah di dunia.
      “Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.” (Matius 6:19-20).

      #Ajaran Paulus: Tidak ada larangan hidup mewah dalam ajaran Kristen.
      “Orang yang mencuri, janganlah ia mencuri lagi, tetapi baiklah ia bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang baik dengan tangannya sendiri, supaya ia dapat membagikan sesuatu kepada orang yang berkekurangan.” (Efesus 4:28)

      7. Ajaran Yesus: Meninggal dunia dibungkus kain kafan.
      Dan Yusuf pun mengambil mayat itu, mengapaninya dengan kain lenan yang putih bersih. (Matius 27:59)

      Mereka mengambil mayat Yesus, mengapaninya dengan kain lenan dan membubuhinya dengan rempah-rempah menurut adat orang Yahudi bila mengu burkan mayat. (Yohanes 19:40)

      #Ajaran Paulus: Meninggal dunia diberi pakaian rapi dan dibungkus peti mati.
      Misalnya, meninggalnya Paus Yohanes Paulus II, penyanyi Broery Marantika, dan mantan Menko Ekuin Radius Prawiro. Ketiganya diberi pakaian rapi dan dibungkus peti mati sebelum dikubur.

      8. Ajaran Yesus: Tidak membatalkan hukum rajam.
      Musa dalam hukum Taurat memerintahkan kita untuk melempari perempuan-perempuan yang demikian. Apakah pendapat-Mu (Yesus) tentang hal itu?” (Yohanes 8:5)

      Dan ketika mereka terus-menerus bertanya kepada-Nya (Yesus), Ia pun bangkit berdiri lalu berkata kepada mereka: “Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu.” (Yohanes 8:7).

      #Ajaran Paulus: Tidak ada hukum rajam dalam ajaran Kristen.
      Ajaran Kristen menolak hukum rajam, karena ia adalah bagian dari hukum Taurat. Lihat kembali pernyataan Paulus dalam Galatia 2:16 (butir 2 di atas).

      9. Ajaran Yesus: Menerapkan hukum Qisash
      Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. (Matius 5:38)

      … mata ganti mata, gigi ganti gigi, tangan ganti tangan, kaki ganti kaki (Keluaran 21:24)

      … patah ganti patah, mata ganti mata, gigi ganti gigi; seperti dibuatnya orang lain bercacat, begitulah harus dibuat kepadanya.(Imamat 24:20)

      Janganlah engkau merasa sayang kepadanya, sebab berlaku: nyawa ganti nyawa, mata ganti mata, gigi ganti gigi, tangan ganti tangan, kaki ganti kaki.” (Ulangan 19:21)

      #Ajaran Paulus: Membatalkan hukum Qisash, menjerumuskan dalam perbudakan.
      Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapa pun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu. Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu. Dan siapa pun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil. Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu. (Matius 5:39-42)

      10. Yesus tidak membuat agama baru.
      Lihat kembali pernyataan Yesus dalam Matius 5:17-20 (Butir 2 di atas).

      Namun, Kristen adalah agama baru yang lahir setelah usaha penyaliban Yesus.

      Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhia-lah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen. (Kisah Para Rasul 11:26)

      Nah, maka makin jelaslah. Umat Kristen saat ini adalah bukan penganut Yesus, BUKAN PENERUS AGAMA IBRAHIM, tapi Paulus. Mereka bukan Nasrani tetapi lebih tepat disebut Kristen. [Q]

  76. rasa ingin memenggal kepala kalian wahai thoghut!!!

  77. Assalamu alaikum wr wb

    Apakah ada yang bisa menolong saya?

    Saya masih perlu bantuan menemukan ayat-ayat dalam Al-Quran (atau Alkitab) yg mengatakan Nabi Isa AS (Yesus?) berdosa dan pernah minta pengampunan dosa seperti Nabi-Nabi lainnya.

    Mungkin, jika ada ayat-ayat yg menyatakan bahwa Nabi Isa AS (Yesus?) pernah berdosa dan pernah minta ampun atas semua dosa-dosa yg pernah beliau lakukan (dosa yg dulu, sekarang, & akan datang) sama seperti Nabi-Nabi yg lain … itu akan sangat membantu saya meyakinkan teman saya bahwa Yesus adalah manusia biasa yg sama dengan Nabi-Nabi lain.

    Wassalamu’alaikum wr.wb.

    • Wa’alaykumussalam wr wb…
      begini aja., silakan antum suruh baca temen antum itu bacaan ini, terutama yang disampaikan oleh ibnu ardhan al maidany diatas, ya panjang sih, tapi sangat bermanfaat bagi temen antum,

  78. Nais Infoh…Izin Tag…

  79. Assalamu alaikum wr wb

    Terimakasih sebesar-besarnya saya ucapkan kepada mas Ibnu Ardhan Al Maidany …

    Saya tunjukan tulisan Anda kepada temannya. Dia sudah membacanya & teman saya bertanya tentang bagian ini:|

    Kepada mas ibn, bagaimanapun anda berhujjah dengan alkitab tidak akan pernah anda mendapatkan yang namanya jawaban dan kebaikan karena seluruh kitab2 dari umat terdahulu telah dimansukh oleh Allah dan disempurnakan oleh Allah Subhanahu wata ala. Kenapa Allah membatalkan semua syariat terdahulu itu disebabkan kedurhakaan umat2 terdahulu hingga bani israel yang telah dijelaskan oleh Allah dalam surah Albaqarah sebagai pembunuh para nabi dan suka merubah2 syariat

    Teman saya pernah membaca Al Quran, menemukan ayat ini:
    Surah Al Anam 114-115:
    Al-An’am Ayat : 114

    afaghayra allaahi abtaghii hakaman wahuwa alladzii anzala ilaykumu alkitaaba mufashshalan waalladziina aataynaahumu alkitaaba ya’lamuuna annahu munazzalun min rabbika bialhaqqi falaa takuunanna mina almumtariina

    Maka patutkah aku mencari hakim selain daripada Allah, padahal Dialah yang telah menurunkan kitab (Al-Qur’an) kepadamu dengan terperinci? Orang-orang yang telah Kami datangkan kitab kepada mereka, mereka mengetahui bahwa Al-Qur’an itu diturunkan dari Tuhanmu dengan sebenarnya. Maka janganlah kamu sekali-kali
    termasuk orang yang ragu-ragu.

    Teman saya bertanya, “Ayat itu tidak menyebut kata Al Quran, tapi alkitab … Mengapa di dalam terjemahan di dalam kurung ada kata Al Quran? Apakah ini tidak termasuk mengubah-ubah firman Allah?

    (Bagaimanakah saya harus menjawabnya?)

    Al-An’am Ayat 115:
    watammat kalimatu rabbika shidqan wa’adlan laa mubaddila likalimaatihi wahuwa alssamii’u al’aliimu

    115. Telah sempurnalah kalimat Tuhanmu (Al-Quraan) sebagai kalimat yang benar dan adil. Tidak ada yang dapat merobah robah kalimat-kalimat-Nya dan Dia lah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

    Teman saya bertanya, “Jika kalimat Tuhan telah sempurna … Mengapa ada ayat-ayat yang dimansukh atau dibatalkan? Bukankah Allah Maha Sempurna lagi Maha Mengetahui

    Bukankah … seharusnya Allah Yang Maha Sempurna itu tidak sering berubah-ubah? Apakah itu tidak mengkhawatirkan umat yang beriman kepada Allah jika Allah Yang Maha Mengetahui itu sering berubah-ubah kehendak dan pikiran-NYA?

    Bagaimana manusia bisa mempercayai Allah Yang Maha Mengetahui tetapi tidak bisa dipegang apa yang telah difirmankan-NYA? Manusia saja sulit mempercayai sesama manusia yang sering ingkar janji atau tidak bisa dipegang kata-katanya.

    (Saya bingung, bagaimana harus menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas)

    Mohon bantuannya …

    Wassalamu’alaikum wr.wb.

    • wa’alaykumussalam wr wb
      Ayat itu tidak menyebut kata alkitab juga tu, disitu disebutkan kitab, bukankah al qur’an juga kitab allah(kitabullah)??? itu tidak termasuk mengubah-ubah firman Allah, dalam kurung itu tidak berarti “atau” yang bermaksud mengganti, tetapi merupakan terusan, jadi bisa dibaca kitab Al qur’an…
      alasan kenapa Allah memansukhkan adalah:
      1. menjadi ujian dan cobaan bagi orang mukallaf untuk mengikutinya atau tidak
      2. perkembangan tasyri’ (syariat islam) menuju tingkat sempurna sesuai dengan perkembangan dakwah dan perkembangan kondisi umat manusia.
      3. memelihara kepentingan hamba.
      4. menghendaki kebaikan dan kemudahan bagi umat. sebab jika nasakh itu beralih ke hal yang lebih berat maka di dalamnya terdapat tambahan pahala, dan jika beralih ke hal yang lebih ringan maka ia mengandung kemudahan dan keringanan.
      sebenarnya pertanyaan ini hampir sejenis dengan pertanyaan teman saya yang bertanya kenapa harus ada asbabun nuzul? bukankah Allah itu maha mengetahui? bukankah itu justru akan menghina Allah? jawaban yang saya lontarkan adalah adanya asbabun nuzul adalah agar manusia itu dapat mengambil pelajaran. Contoh saja ketika anda mendapat pelajarn langsung 1 buku, apakah anda akan mengingat dengan baik? bandingkan jika anda belajar dengan mengalaminya sendiri, tahap demi tahap anda belajar dengan melakukan hal tersebut sendiri, tentu anda akan lebih mengena kan?? dan itu semua telah Allah rencanakan/ tuliskan dalam Lauhul Mahfudz sebelum Allah menciptakan Alam semesta ini, anda bertanya seperti itu juga sudah direncanakan oleh Allah…

      tambahan untuk anda silakan baca al an’am ayat 117 ya….

      • Assalamu ‘alaikum wr wb
        Terimakasih sekali lagi untuk mas Eko.

        Saya sudah forward tulisan Anda kepada teman saya. Dia sudah membalas seperti ini:
        Al-An’am Ayat : 114

        afaghayra allaahi abtaghii hakaman wahuwa alladzii anzala ilaykumu ALKITAABA mufashshalan waalladziina aataynaahumu ALKITAABA ya’lamuuna annahu munazzalun min rabbika bialhaqqi falaa takuunanna mina almumtariina

        Maka patutkah aku mencari hakim selain daripada Allah, padahal Dialah yang telah menurunkan kitab (Al-Qur’an) kepadamu dengan terperinci? Orang-orang yang telah Kami datangkan kitab kepada mereka, mereka mengetahui bahwa Al-Qur’an itu diturunkan dari Tuhanmu dengan sebenarnya. Maka janganlah kamu sekali-kali
        termasuk orang yang ragu-ragu.

        Yang ditulis huruf dengan huruf capital (ALKITAABA) itulah yang saya tanyakan (… ini kata teman saya). Kata teman saya, “Jadi … yang manakah yang betul “ALKITAABA” atau “AL QURAN?” … Apakah kedua kata bisa dipertukarkan pemakaiannya dalam Bahasa Arab?? Apakah kedua kata itu mempunyai arti yang sama??

        Teman saya juga masih bertanya, “Apakah saya sudah menemukan ayat di dalam Al Quran yang menyatakan Nabi Isa AS pernah berdosa & pernah minta ampun atas dosa beliau seperti Nabi-Nabi lain? (Apakah mas Eko bisa membantu saya menemukan ayatnya?)

        Ma’af jika saya terlalu banyak bertanya … saya takut salah menjawabnya ..

        Wassalamu’alaikum wr.wb.

      • Assalamu ‘alaikum wr wb.

        Saya dapat email lagi dari teman saya untuk ditanyakan pada mas Eko. Masih mengenai jawaban mas Eko:

        “Ayat itu tidak menyebut kata alkitab juga tu, disitu disebutkan kitab, bukankah al qur’an juga kitab allah(kitabullah)??? itu tidak termasuk mengubah-ubah firman Allah, dalam kurung itu tidak berarti “atau” yang bermaksud mengganti, tetapi merupakan terusan, JADI BISA DIBACA KITAB AL QUR’AN …”

        Al-An’am Ayat : 114
        afaghayra allaahi abtaghii hakaman wahuwa alladzii anzala ilaykumu ALKITAABA mufashshalan waalladziina aataynaahumu ALKITAABA ya’lamuuna annahu munazzalun min rabbika bialhaqqi falaa takuunanna mina almumtariina

        Maka patutkah aku mencari hakim selain daripada Allah, padahal Dialah yang telah menurunkan kitab (Al-Qur’an) kepadamu dengan terperinci? Orang-orang yang telah Kami datangkan kitab kepada mereka, mereka mengetahui bahwa Al-Qur’an itu diturunkan dari Tuhanmu dengan sebenarnya. Maka janganlah kamu sekali-kali
        termasuk orang yang ragu-ragu.

        Pertanyaan teman saya:

        1) Kapan ayat ini diturunkan?

        2) Ketika ayat ini diturunkan, apakah AL QURAN sudah ada sebagai KITAB (karena ayat itu menyebut “ALKITAABA”?

        3) Jika belum ada AL QURAN dalam bentuk KITAB, mengapa ayat itu memakai kata “ALKITAABA”?

        4) Jika belum ada AL QURAN dalam bentuk KITAB, lalu KITAB yang manakah yang disebut “ALKITAABA” pada waktu ayat ini diturunkan?

        Terimakasih sebelumnya mas Eko.

        Wassalamu’alaikum wr.wb.

        • ibn ardhan al maidany

          بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

          Kepada mas ibn yang saya hormati, semoga kita diberi berkah dan ditunjukkan kepada jalan hidayah yang mulia oleh Allah Subhanahu wata ala.

          Ada yang ingin saya tanyakan kepada anda dan bukan teman anda wahai teman, Sedikit menerangkan, ketahuilah hidayah yang didapat oleh saudara kami yang dulu mereka masih terjerumus dalam kesesatan dan kekafiran bukan dengan menunggu wahyu yang turun dari langit yang dibawa oleh malaikat, akan tetapi hidayah yang mereka dapat merupakan ikhtiar-usaha dan perenungan mereka berjalan mencari hidayah Allah Subhanahu wata ala.

          yang ingin saya tanyakan

          1. Apakah anda seorang muslim atau apakah anda seorang muallaf ataukah anda seorang nashrani yang membuat syubhat diforum ini?

          2. jika anda seorang muslim kenapa anda bergaul dengan orang kafir dan bermuamallah dalam akidahnya?, apa yang membuat anda termotivasi untuk memiliki keingin tahuan yang dalam tentang agama nashrani, apakah anda ingin berdakwah kepada mereka agar mereka masuk kedalam agama anda wahai teman? jika tujuan anda seperti itu apakah anda tidak menilai sendiri akidah yang anda miliki serta pemahaman anda baik dari sisi ibadah maupun sikap? kenapa anda tidak mencari seorang alim didekat tempat anda dan bertanya masalah agama baik dalam akidah maupun ibadah?

          ketahuilah wahai teman, ibn Islam didapat dari perenungan seseorang akan kebesaran Allah dan mengikhlaskan hati untuk menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah, belajar bagaimana mendapatkan rahmat dan rahim Allah, bukan dengan membentur2kan logika antara haq dan syubhat. andaikata maaf anda seorang muslim dan berusaha memetik yang namanya iman kepada Allah, duduk bermajelis dengan para tolabul ilmii itu luntuk mengali dan mencari ilmu lebih dalam lagi tentang syariat yang mulia ini dan belajar bagaimana mengamalkannya itu lebih bermanfaat daripada anda mencari tau bagaimana menjawab syubhat dari orang2 kafir.

          Didalam syariat yang mulia ini fiqih dalam dakwah bukan dilakukan serampangan, inti dakwah itu adalah ilmu . amal dan dakwah. Dan dakwah yang pertama kali dilakukan oleh seorang muslim yaitu berdakwah kepada keluarganya

          فَاتَّقُوا النَّارَ الَّتِي وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ أُعِدَّتْ لِلْكَافِرِينَ

          “Peliharalah dirimu dari Neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir.”

          sebagai seorang muslim kita diberi hak untuk berdakwah kepada seorang kafir hanya sebatas apa2 yang kita ketahui dan kita sanggup tanpa harus memaksakan kemampuan kita yang terbatas baik dari sisi ilmu dan amalan. kita sebagai umat memiliki kewajiban belajar dan mengamalkan dan serahkan kepada ulama untuk menjwab segala bentuk syubhat mereka orang kafir sehingga hilang prasangka dan keragu2an dalam hati kita sehingga kitapun menjalankan agama ini dengan lurus dan tenang

          Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat-menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat-menasehati supaya menetapi kesabaran. ( QS Al ‘Ashr 1-3)

          Sungguh, sangat beruntung seorang yang masuk Islam, kemudian mendapatkan rezeki yang secukupnya dan Allah menganugerahkan kepadanya sifat qana’ah (merasa cukup dan puas) dengan rezeki yang Allah Subhanahu wata ala berikan kepadanya.” (HR. Muslim)

          Dan bersegeralah menuju ampunan Allah yang memiliki surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang dijanjikan untuk orang-orang yang bertaqwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik diwaktu lapang maupun diwaktu sempit, dan orang-orang yang suka menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menykai orang-orang yang berbuat kebajikan ‘. ( QS. Ali Imran 134).

          Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barangsiapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu, dan barangsiapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala akhirat. Dan Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur. ( QS. Ali Imran 145)

          الحمد لله

          Kemudian jika mereka mendebat kamu (tentang kebenaran Islam), maka katakanlah: “Aku menyerahkan diriku kepada Allah dan (demikian pula) orang-orang yang mengikutiku.” Dan katakanlah kepada orang-orang yang telah diberi Al Kitab dan kepada orang-orang yang ummi 190): “Apakah kamu (mau) masuk Islam”. Jika mereka memeluk Islam, sesungguhnya mereka telah mendapat petunjuk, dan jika mereka berpaling, maka kewajiban kamu hanyalah menyampaikan (ayat-ayat Allah). Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya. [Ali ‘Imran (3): 20]

          Dari an-Nawwas Ibn Sam’an Radiyallahu anhu, dia berkata: “Saya mendengar Rasulullah صلى الله عليه وسلم‎ bersabda: “Akan didatangkan pada hari kiamat al Qur’an dan orang-orangnya yaitu orang yang mengamalkannya didunia, ia akan didahului oleh surat al-Baqarah dan Ali Imran, keduanya akan berargumentasi untuk membela orang yang mengamalkannya.” (HR. Muslim) Riyadhus Shalihin Jilid 2 Page: 212.

          “Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab 189) kecuali setelah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya. [Ali ‘Imran (3): 19]189)

          “Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-sekali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.” [Ali Imran (3): 85]

          sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut162) dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. [Al-Baqarah (2): 286]

          Insya allah jawaban saya bisa menenangkan mas ibn,.. dan masukan dari saya. carilah guru yang amanah, alim dan tawaduk.

          Insya Allah,

          Dari Muawiyah, katanya Rasulullah bersabda :” Siapa yang dikehendaki oleh Allah akan mendapat kebaikan, maka ia dipahamkan tentang agama ( HR. Mutafaq Alaih).

          Semoga bermanfaat

  80. aslmkum w.w

    perkenankan saya berkomentar akan masalah ini…
    dari komen2 yg saya baca…bnyak yg bilang kalw shalat it tlah ada sbelum datangnya nabi Muhammad SAW ..tapi ada yg tau gak kalw shalat 5 waktu sehari semalam itu hanya di perintahkan pada umat Islam yang di perintahkan Allah SWT pada saat isra’ mijrat rasulullah ..jadi shalat 5 waktu blum ada di jaman sebelum rasulullah datang….dan tahukah anda di Al quran telah dikatakan ”bhwa tidak lah senang kaum yahudi dan nasrani sebelum mereka bisa menghancurkan Islam” jadi mungkin inilah salah satu cra mereka menghancurkan islam…dan dapt kita lihat dari berbagai komentar yg tlah masuk,tlah terlihat seperti trjadi perpechan sesama antara muslim…ingatlah…ketika islam menjadi mayoritas di satu tempat…mereka kaum minoritas nasrani dan yahudi menyuarakan ‘toleransi antar umat beragama.’ tapi ketika Islam jadi minoritas di daerah mereka..yg ada hanya intimidasi..pembantaian..dan sikap diskrimantif terhadap umat Islam…

    jadi sodara2 sesama muslim..mari kita bergandengan tangan..perdalam ilmu tentang islam…kuatkan aqidah kita..dan teguhkan iman ..bahwa agama yg benar di hadapan Allah adalah Islam dan hanya Allah SWT tuhan yang patut kita sembah..hanya itu komentar dari saya..mari perkuat talu persaudaraan kita..bukankan muslim itu bersaudara ..

    waslmkum

  81. SHolat kristen ortodoks syiria jauh sudah ada bahkan sebelum Nabi SAW lahir. Syareat2 yg dikenal islam pun jauh sudah ada sebelum nabi lahir. Jadi ibadah haji, ibadah jumat, larangan memakan babi, rajam, penggal, poligami… itu semua sudah ada sblm Nabi SAW lahir. Nabi SAW tidak bawa syareat baru krn fokusnya adalah “dan tidaklah aku diutus ke muka bumi melainkan untuk menyempurnakan ahlak”. Fokus nabi meluruskan moral jahiliyah. Makannya soal sholat pun nabi cuma bilang.. “sholatlah sebagaimana kamu melihat aku sholat”, artinya orang2 udh tau bahwa sholatnya ternyata sama dgn ajaran sblmnya, ibadah haji pun sama ada thowaf, sai, yg ditambah kalimat thoyibah. Poligami dulu boleh beristri tak terbatas, tapi kemudian di modif jadi hanya 4 saja maksimal. Islam itu turun sesuai adat setempat, jadi Allah tidak turunkan syariat baru melainkan mengikuti saja sesuai adat setempat dgn dimodifikasi. Kalau Nabi SAW bawa syariat baru bakal repot, banyak penolakan. Ini mirip kanjeng sunan kalijaga yg dakwah sesuai adat masyarakat setempat.

  82. sudahlah, jgn berdebat agama, ga ada habisnya, mari kita yg islam senantiasa meningkatkan taqwa kita. saya dulu jg anak KOS,toh ibu kos sy ga pernah marah, karena setiap bulannya sy ga pernah telat bayar kos…he….

  83. izin share mas,
    jarang da ilmu yang kaya gini :)

  84. Ah salah ente bos, justru kristen ortodoks itu sudah ada sebelum islam,
    kan pertama ada yahudi,ada penyimpangan terus ada kristen (ortodoks), msh ada penyimpangan, maka Islam agama penyempurna
    nah adanya katolik karena ada konsili nikea waktu itu
    kalau mau di telaah, berarti shalat sudah ada dari sebelum islam, tapi banyak
    terjadi penyimpangan
    begitu pula ada protestan, pecahan dari katolik
    ane sendiri muslim bos, tapi ada baiknya kita belajar sejarah dulu sebelum
    mengeluarkan statement yg bikin org bingung, kalo ente salah informasi
    bisa dosa nanti.
    Shalat mereka memang spt itu,nah skr pertanyaannya, kenapa bisa berubah dikatolik
    Ane juga cetek masalah agama, belajar terus sampe akhir hayat, ada baiknya
    kita perdalam agama kita, sejarahnya, baru liat benang merahnya, secara
    sejarah sama, bemula dari nabi Adam, kenapa kesini ada perbedaan, semoga kita mendapat jawabannya, karena kita juga tidak hidup pada jaman nabi, janganlah menjadikan Quran sebagai teks book semata, kandungan makna di Quran jauh lebih dalam dari perkiraan kita

  85. menggunakan cara2 yg kotor untuk mengelabui umat muslimin KOS ( Kristen Orangnya Setan )

  86. Wah, ternyata Islam di plagiat ya?

  87. Allah Maha Besar,……….berbagai macam keyakinan dan cara menyembah Tuhan telah terjadi sejak turunnya Nabi Adam ke dunia. Syukur kita dilahirkan punya kepala dan akal ditambah hati sehingga dapat menelaah sesuatu yang kita lihat atau hadapi dibumi ini .untuk itulah Al`quran tercipta melalui utusannya ,dimana kandungan Al`quran telah menuntaskan segala masalah yang menjadi pertentangan keyakinan .Bacalah dan fahmi selalu Al`quran ,niscaya kita akan selalu dijalan yang benar .Amin.

  88. Kalau ada orang ber aliran KOS itu biasa-biasa saja .jamaan dahulu kala ada yang percaya kepada mahluk gaib,pohon kayu ,berhala ,matahari dsb.Manusia mempunyai perbedaan sudut pandang meyakini ke Tuhanan dan tidak sama satu dengan yang lain tingkat kemampuan cara berfikir .Orang yang cerdaslah yang menemukan jalan lurus dan tepat dalam keimanan .Karna itu kita harus cerdas “teliti dahulu seblum membeli “.Kalimat ini selalu kita dengar ketika mau berbelanja . Teliti dahulu yang saya maksud adalah pelajari sejarah manusia atau Nabi Adam sampai Nabi Muhammad. Setelah itu baru dibeli dengan artian di imani serta dilaksanakan ajarannya dengan kesungguhan .Orang yang membeli barang secara teliti tidak akan kecewa ,begitu juga mengenai keyakinan ber agama .Jujur saja saya adalah mualaf dari pemena ,kristen jadi Islam .Tentu mengalami froses .Jadi mengenai KOS berpenampilan hampir bersamaan dengan Islam jangan heboh,karna mula pertama agama ada bukan di Indonesia .Terpenting kita jangan Islam KTP.Coba lihat disaat shalat jum`at masih banyak umat Islam yang lalu lalang dijalan,bagai mana dengan lima waktu ,shalat,jum`at saja sudah kelihatan .Marilah kita tegak kan agama Islam sesuai dengan ajarannya .Yakinlah Al`quran telah menyempurnakan dan akan menuntun kita kejalan yang benar .

  89. Isalam mengajarkan untuk menghormati agama lain.klo anda waspada Ajaran kos.kenapa anda tidak waspada islam2 radikal.yang menganggap najis muslim yang tidak se aliran..

  90. “suatu saat semua manusia bakalan mengetahui “AGAMA” yang mana satu di akui oleh allah..
    jutaan Agama sekalipun kalian Ciptakan,,terserah,,yang pasti hanya (1) yang akan diakuinya..
    Wassalam..

  91. Sesungguhnya iblis dan syeitan adalah musuh yang nyata bagi kita anak cucu Adam A.S dan umat Rasulullah SAW. Segala cara akan diupayakan agar kita manusia dapat terjerat dalam rayuan dan godaannya. Mari kita tingkatkan keimanan kita kepada Allah SWT dengan terus “membaca ayat-ayat Allah SWT, baik ayat kauniyah maupun kauliyah”, laksanakan semua yang diwajibkan Allah Swt dan sunnah yang dicontohkan Rasulullah SAW. Dan senantiasa berdoa mohon ampun kepada Allah Swt, semoga Allah Swt menetapkan iman ini sampai kelak ajal menjemput kita, juga untuk kedua orang tua kita, seluruh keluarga kita serta anak-anak dan cucu cucu kita kelak. Amin YRA.

  92. bagus tulisannya, untuk nambah ilmu :)

  93. yang mngikuti ajaran selain islam ( ajaran Nabi muhammad ) adlh rugi…
    islam adlh agama yg pling mulia. KOS itu agama yg tidk dmsuk akal dan hnya ingin mempengruhi islam saja. kalian yg mengikuti KOS itu adlh BODOH dan ORg yg plg rugi.
    smua nya nnti psti tau kalau sdh mati nanti yg mmngikuti KOS itu pasti rugi.
    Tuhan hnya satu..tdk ad yg lain. Yesus itu hny lah dongeng semata..yesus itu mnusia biasa.jdi yesus yg kalian smbah itu sama sja dngn kita MANUSIA.
    oke!! loe.. Gue..

  94. Assalamualaikum…
    Ini memang salah satu cara orang2 kafir dalam mengkafirkan umat muslim. Jika ingin mengatakan bahwa shalat itu ada sejak adam as pun sudah ada, syariat berbeda, tapi yang perlu digarisbawahi, Rasulullah pernah bersabda kepada Umar bin khathab bahwa andaikan musa as hidup saat ini,maka nabi musa as wajib mengikuti syariatku.

  95. Sapa bilang KOS itu sekte?!! Itu gereja saudara kandung gereja katholik Roma.umat kristen pertama di dunia didirikanoleh rasul Petrus sebelum beliau munjadi Paus di Roma.Ada dan mempertahankan tradisi sejak awalMemiliki hub administratif dgn vatican.perpindahan antar imam dan umatnya dilakukan dgn prosedure khusus.baptisan dan imamatnya diakui sebanding.lbh dkt dibnding katholik dgn protestan.disebut ritus Timur dlm hirarki

  96. sering2 cari tahu sejarah agama di dunia. satu lagi yang paling penting pakailah akal dan pikiranmu yang sudah diberikan Allah Tuhanmu agar kamu bisa membedakan mana yang benar dan mana yang dusta.

    • asalamualaikum wr. wb

      buat mba rianti .,
      coba logika anda dipake ngapaen nyembah manusia yg sudah meninggal (yesus) yg tak jelas ..

      tuhan itu ga ada yg satu zat .. dan tidak bisa dilihat, di bayangkan pada saat di dunia
      semoga km sadar

      allah memang tuhan kami umat islam
      ketahuilah kristen adalah alat perang orang yahudi (bajingan)
      dan banyak pendeta masuk islam karena dpt hidayah tetapi tdk ada kyai masuk dalam kristen .. karena kristen itu agama yg percaya dongeng n majalah bobo

      wasalamualakum

      • saudaraku ro’uf, sy yakin saudaraku ro’uf pasti islam tulen, yang sy yakini juga saudara ro’uf juga lagi menanti kedatangan yesus ( isa.as) pada kiamat nanti, DIA akan datang sebagai hakim, dan saudaraku ro’uf akan di tanya dan siap mempertanggungjawabkan segala perbuatan ( baik dan jahat) selama di bumi, jadi sy harap segeralah minta bantuan sama muhammad sebagai pembela ibarat di pengadilan sebelum saudaraku ro’uf di tanya oleh yesus (isa.as).

    • Dan sesungguhnya Dien (agama) yang diakui oleh Tuhan hanyalah Islam, bukan yang lain….
      “Barang siapa yang mencari dien selain dienul Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima dien itu dari padanya dan dia di akherat termasuk orang yang merugi”.
      (Q.S Ali Imran 3:8)

  97. innadinna indallahil islam………………sesungguhnya agama yg mulia disisi Allah hanyalah islam………………………..

  98. agama itu apa? apa itu kepercayaan? siapa itu manusia? Apa itu Tuhan? apakah Tuhan Berkata-kata? Bagai mana kita Berkata-kata DenganNya? trus ……????? lho…… Ternyata TuhanKu Ya Aku.

  99. Assalamualaykum, Coba cek ke Syria/Kristen Ortodok Syria , tempat asalnya, apakah ada ibadah seperti yg dilakukan KOS ini?, yg ana degnar dari seseorang, “tdk ada”, Allahu a’lam

  100. Ajaran pengikut Kristus pada dasarnya lahir dari TImur Tengah. Bahasa Ibrani dan Arab adalah satu rumpun. Sama dengan bahasa Indonesia dan Malaysia.

    Oleh karena itu untuk mengatasi dialog Pengikut Kristus dan Islam harus didasari dari asal sejarah yang HARUS bisa dibuktikan, bukan hanya berkata2 tanpa bukti.

    Ajaran pengikut Kristus yang berasal dari daerah BARAT tidak bisa dijadikan referensi untuk mengatasi kebuntuan dialog Pengikut Kristus dan Islam karena tidak berdasarkan asal sejarahnya.

    Klo dikatakan waspada, kenapa harus waspada. Berarti ada yang tidak beres atau tidak sesuai dengan sejarah. Maka lebih baik berikan analisa sejarah yang lebih bisa dibuktikan lagi.

    Kebetulan masih blum akhir zaman dan belum pada hari penyesalan, pelajari terlebih dahulu AJARAN mana yang benar maka ikuti yang benar itu sebelum hari penyesalan tiba.
    Ajaran Injil banyak mengandung perumpamaan yang hanya dimengerti bagi orang pilihannya, jadi tidak sembarang orang bisa mengerti rahasia ALLAH.
    Apa buktinya ???
    Kebenaran yang benar bisa dilihat dari buahnya !! –> Apa pula itu buahnya ? ini salah satu makna kiasan, coba aja cari sendiri artinya.

    Ya, yang benar hanya dari Allah saja. Tapi hanya Allahlah yang menentukan siapa yang mengerti kebenaran tersebut klo tidak, akan dibutakan terus. Mereka punya mata tapi tidak bisa melihat, mereka punya telinga tapi tidak bisa mendengar.

  101. Umat slim hendaknya sebelum menganggap quran itu rangkuman yg sempurna,
    Kuasai dulu kitab2 pendahulunya, karena kitab pendahulu quran itu keramat dan sakral.
    Kalau beranggapan kitab sebelum quran itu palsu, lalu dimana kitab pendahulu quran yg asli?? Kok bisa membedakan ada yg asli dan palsu, sedangkan umat slim aja ga pernah baca kitab selain quran dengan dalih itu haram.
    Slim terlalu byk statemen yg ga jelas terhadap kitab maupun agama lain.
    Belum dengan adanya statemen dari hadits2 yang baru sebagai penguat dalih2 quran yg kurang sempurna, notabene hadits2 tersebut dongeng manusia yg selalu update sesuai trend.

    Salam akhir jaman !!!

  102. kita sebagai muslim seharusnya justru mengapresiasi keberadaan kelompok orthodox karena para pendeta orthodox mengakui nabi terakhir adalah nabi muhammad SAW, bukannya pd menyebar kebencian ke semua umat yg lain. di agama2 lain juga banyak kelompok2 garis keras kayak kalian dan seharusnya setiap umat beragama saling mengh

  103. Saudara – saudara ku , muslimin dan muslimat…Se IMAN dan Se Akidah….mari bentengi diri dengan Iman dan Taqwa kita kepada Alloh SWT semata dan berimam kepada Rosululloh SAW serta berpegang pada Alqur;an…dan Hadits namun jangan lupa juga memilah dan memilih serta pekak terhadap adanya Aliran yg menyimpang dari Islam.

  104. sebar kan y sob,mnjga keutuhan agama

  1. Ping-balik: WASPADA: Ajaran KOS (Kristen Ortodok Syiria) & Jangan Tertipu Dengan Pakaian, Cara Beribadah, Simbol-Simbol, Yang Mirip Dengan ISLAM « Rafaqo

  2. Ping-balik: WASPADA: Ajaran KOS (Kristen Ortodok Syiria) & Jangan Tertipu Dengan Pakaian, Cara Beribadah, Simbol-Simbol, Yang Mirip Dengan ISLAM (via Al Qiyamah – Moslem Weblog) « Ninade's Blog

  3. Ping-balik: WASPADA: Ajaran KOS (Kristen Ortodok Syiria) & Jangan Tertipu Dengan Pakaian, Cara Beribadah, Simbol-Simbol, Yang Mirip Dengan ISLAM | kebenaransunnah

  4. Ping-balik: Surat pembaca: Hati-Hati, Ada Buku Panduan Shalat, Tapi Kristen! | Islam & Aliran Sesat

  5. Ping-balik: KRISTEN ORTODOKS SYIRIA = MIRIP ISLAM (Tapi BUKAN ISLAM) « Ziyadatuttaqwalfaza's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: